Makalah Pertanian Kakao ( Gernas Kakao )

Posted by Unknown on Thursday, January 29, 2015

KATA PENGANTAR

Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas Rahmat dan KaruniaNya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah Pembangunan Pertanian dan Ketahanan Pangan yang berjudul “GERNAS KAKAO DI INDONESIA”
Kesuksesan dalam makalah ini adalah bagaimana mahasiswa dapat memahami tentang Gernas Kakao di Indonesia, Pendekatan dan Pola Gerakan dan Ruang Lingkup Kegiatan.
Dengan pola makalah ini kami sajikan tersebut, kami berharap semoga bermanfaat, baik bagi kami pribadi maupun temen-teman mahasiswa. Kritik dan saran sangat kami harapkan untuk perbaikan makalah ini dimana yang akan datang.

Penulis




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR………………………………………………………………….   V
DAFTAR ISI    ………………………………………………………………………..    VI
BAB  I         GERNAS KAKAO DI INDONESIA………………………………...         1
A.    Pendahuluan ……………………………………………………….   1
BAB  II        PENDEKATAN DAN POLA GERAKAN .……………………….. 2
1.    Pedoman Gerakan …………………………………………………  2
2.    Pola Gerakan .………………………………………………………  3
BAB  III       RUANG LINGKUP KEGIATAN ………………………………….. 4
A.    Kegiatan Utama……………………………………………………….        4
B.    Kegiatan Pendukung ……………………………………………….. 4
BAB  IV      TENAGA PENDAMPING .………………………………………..  5
A.    Tenaga dan Fungsi Sebagai Pembantu TKP untuk Pelaksanaan
Kegiatan Gerakan Nasional…………………………………………          5
KESIMPULAN ……………………………………………………………………..       6
DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………..        


BAB I
GERNAS KAKAO DI INDONESIA
A.        PENDAHULUAN

Berdasarkan identifikasi lapangan dan data tahun 2008, diketahui kurang lebih 70.000 Ha kebun kakao dengan kondisi tanaman tua, rusak, tidak produktif, dan terkena serangan hama dan penyakit dengan tingkat serangan berat sehingga perlu dilakukan peremajaan, rehabilitasi dan intensifikasi.
Selain menurunkan produktifitas serangan tersebut menyebabkan mutu kakao rendah sehingga citra  kakao Indonesia menjadi kurang baik di pasar internasional.
Upaya pengembangan kakao dihadapkan berbagai kendala antara lain :
1.    Produktifitas tanaman di bawah potensi normal
2.    Adanya berbagai serangan hama penyakit yang sulit di kendalikan oleh petani secara individual.
3.    Mutu Biji rendah
4.    Industri hilir dalam negeri belum berkembang
5.    Sulitnya petani mendapatkan pendanaan khusus untuk pengembangan kakao.

BAB II
PENDEKATAN DAN POLA GERAKAN

1.         Pendekatan Gerakan

Gerakan digerakkan oleh seluruh pemangku kepentingan yaitu pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, perbankan, petani, swasta dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada, lahan nmerupakan hamparan yang kompak atau berkelompok. Pemberdayaan petani dilakukan melalui pelatihan dan pendampingan.
Tanaman tua/rusak berat di remajakan dengan penggantian tanaman berupa benih yang berasal dari klon unggul hasil perbanyakan teknologi Somatic Embrio Genesis (SE). Tanaman dengan kondisi kurang terpelihara dilakukan intensifikasi, serta serta sarana produksi sebagian di adakan pemerintah.untuk pemeliharaan tahun ke-2 dan seterusnya memanfaatkan fasilitas kredit Revitalisasi perkebunan melalui Perbankan. Peserta Gerakan wajib mengelolah kebun sesuai standar teknis dengan bimbingan dari pendamping / penyuluh / fasilitator dan intense Pembina.

2.         Pola Gerakan
Gerakan Nasional peningkatan produksi dan mutu kakao dilaksanakan dengan mensinergikan seluruh pemangku kepentingan dengan tugas dan tanggung jawab sebagai berikut :
a.    Pemerintah Pusat
§   Menyediakan pembiayaan untuk mengadakan bahan tanaman ( benih untuk peremajaan dan entres untuk sambung samping ).
§   Menyediakan sebagian bantuan upah tenaga kerja petani untuk pembongkaran / penebangandan penanaman untuk rehabilitasi, sanitasi, dan intensifikasi.
§   Menyediakan pembiayaan tenaga pendamping dan sarana pendukung
§   Menyediakan pembiayaan untuk pengadaan alat dan pengendalian OPT

b.    Pemerintah Provinsi
        Menyediakan anggaran APBD dalam rangka mendukung gerakan nasional peningkatan produksi dan mutu kakao meliputi pengadaan dan penyediaan sarana produksi dan pelajanan informasi.

c.    Pemerintah Kabupaten
Menyediakan anggaran APBD untuk mendukung Gerakan Nasional peningkatan produksi dan mutu kakao yang meliputi kegiatan : penetapan calon petani /  calon lahan (cp/cl), peningkatan mutu, pemberdayaan petani.

d.    Petani
Menyediakan pohon pelindung dan tenaga kerja untuk pelaksanaan kegiatan dikebunnya kecuali untuk pembongkaran / penebangan batang utama. Pada kegiatan rehabilitasi dan sanitasi serta sebagian pemeliharaan pada kegiatan intensifikasi.

 BAB III
RUANG LINGKUP KEGIATAN

A.        Kegiatan Utama
1.    Rehabilitas tanaman seluas 39.150 Ha yang kegiatannya meliputi sambung samping, pemotongan batang utama, penanaman pohon pelindung, pemeliharan hasil sambungan, pemupukan dan pengendalian hama penyakit.
2.    Intensifikasi seluas 19.630 Ha yang kegiatannya meliputi penyiangan gulma, pemangkasan pohon pelindung, pemangkasan tanaman pokok kakao, sanitasi kebun, pemupukan, pengendalian hama, penyakit dan panen kering
3.    Pemberdayaan petani sebanyak 6222 orang yang kegiatannya meliputi pelatihan petani dan pendampingan petani oleh tenaga pendamping
4.    Penerapan standar mutu yang kegiatannya meliputi penyediaan sarana pasca panen
5.    Kegiatan pendukung

B.        Kegiatan Pendukung
1.    Pemanfaatan tenaga pendamping sebanyak 296 orang yang terdiri dari tenaga kontrak pendamping (TKP)
2.    Operasional dan pengutuhan 4 unit, substasiun penelitiandan pemeliharaan 4 kebun
3.    Pengembangan system data base teknologi budi daya kakao, yang kegiatannya adalah pemetaan eksisting perkebunan kakao.

BAB IV
TENAGA PENDAMPING

Tenaga pendamping diperlukan untuk mengawal pelaksanaan Gerakan di lapangan agar benar-benar sesuai dengan sasaran yang diharapkan. Tenaga pendamping tersebut adalah Sarjana Pertanian yang berasal dari perguruan tinggi dan digunakan dalam gerakan dengan system kontrak, sedangkan rekrutmennya dilakukan oleh dinas yang menbidangi perkebunan dari masing-masing provinsi, dengan criteria yang ditetapkan oleh direktorat jenderal perkebunan.
Pembantu Lapangan Petugas tenaga kontrak pendamping (plp-tkp) ada tenaga kontrak perkebunan lulusan sekolah kejuruan pertanian yang di rekrut oleh dinas provinsi yang membidangi perkebunan selama kurun waktu tertentu produksi
A.        Tugas dan Fungsi Sebagai Pembantu TKP untuk melaksanakan kegiatan Gerakan Nasional
a.    Mengkoordinasikan pelanggaran penyuluhan khususnya bmaslah pelaksanaan
b.    Melakukan pembinaan khusus serta teknis budidaya kepada para petani peserta gerakan
c.    Melakukan pertumbuhan dan pembinaan kelembagaan petani
d.    Menjembatani fungsi instansi / lembaga yang terkait dengan pembiayaan melalui program revitalisasi dengan perbankan.
e.    Membuat laporan pelaksanaan kegiatan gerakan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan kepada dinas yang membimbing perkebunan di kabupaten.

KESIMPULAN / SARAN

Pemerintah harus menyediakan pembiayaan untuk pengandaan bahan tanam ( benih untuk peremajaan )dan entros untuk pupuk dasar vpada kegiatan rehabilitas, intensifikasi, sanitasi dan pemangkasan untuk perbaikan mutu sosialisasi agar dapat meningkatkan produksi dan mutu kakao untuk pembangunan substasion penelitian terhadap informasi penjamin / avalis pinjaman petani.


DAFTAR PUSTAKA
Penyuluh Pertanian
Sumber : Pedoman Umum Gernas Kakao tahun 2012 Direktorat Jenderal Perkebunan.



Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: Thursday, January 29, 2015

0 komentar:

Post a Comment

Indonesia Berkarya

IndonesiaberkaryA adalah Website yang di buat untuk memudahkan dan menawarkan Konten dan Artikel yang menarik,bermanfaat dan dengan berbagai kategori mulai dari Pemerintahan,pendidikan,masyarakat,sejarah, infolowongan kerja. Indonesiaberkarya selalu berusaha untuk menyajikan pos yang terbaik termasuk dengan memberikan kesempatan untuk pilihan Categori Masukan dari Pengunjung/pengguna. kami terus menambah isi konten pos categori seperti pemerintahan,pendidikan dan kami menawarkan pilihan terbaik yang akan anda dapatkan pada ujung jari anda. Content Online tidak pernah semudah ini..!!! tetap terhubung dan dapatkan Pos terbaru dan update setiap harinya. adalah prioritas kami untuk menciptakan pengalaman untuk setiap pengunjung. jadi mulailah Content online dan jika punya pertanyaan silahkan e-mail kami. (indonesiaberkarya27@gmail.com DMCA.com Protection Status

Blog Archive

Powered by Blogger.
Back To Top