Cerpen Perselinguhan ( Keluarga )

Posted by Unknown on Wednesday, January 28, 2015

CERPEN :
Tema : KELUARGA
Nama : -     
Kelas :
PERSELINGKUHAN

Di bawah terik matahari tobi berjalan menahan panasnya sengatan matahari hingga tiba dirumahnya . Dengan lelahnya ia mengucapkan salam kepada ibunya , mencium aroma wangi dari dapur , ia segera menuju tempat aroma tersebut. Dan aroma itu adalah aroma masakan ibunya . menuju kekamar ia mengganti pakaiannya lalu bergegas untuk makan siang bersama ibunya .
Sementara tobi makan , ia pun bertanya kepada ibunya mengenai ayahnya. Lalu bu syahrini hanya menjawab ayahnya sedangkeluar kota dan akan pulang sebentar lagi.                    

Setelah berbincang dengan ibunya , tobi pun masuk kekamar untuk sholat dan mengerjakan tugas sekolahnya ..
Sementara itu ibunya membersihkan rumah , lalu istirahat menunggu kepulangan suaminya yaitu pak Bandi.
Setelah beberapa jam bu syahrini menunggu , akhirnya pak Bandi pun tiba dari luar kota ..

Pak bandi : “assalamualaikum …”
Bu syahrini : “walaikumsallam” …( mencium tangan pak Bandi )
Pak Bandi : “aduh papa capek sekali ma.. 2 minggu ninggalin rumah , mengerjakan tugas kantor yang begitu banyak . tapi Alhamdulillah sudah selesai”
Bu syahrini : “iya pah ,, tobi tadi menanyakan kapan papa pulang ..sepertinya dia merindukan kehangatan keluarga kita dulu ..”
Pak bandi : “iya ma papa juga kangen sama tobi , sekarang dia dimana ma?”
Bu syahrini : “tobi lagi ada dikamarnya , seperti nya dia sudah tidur”
Pak bandi : “oh iya kalo begitu papa mau istirahat dulu ya ma .. karna kira - kira lusa papa harus keluar kota lagi selama 2 minggu ..”
Bu syahrini : “hah? Papa mau keluar kota lagi?”
Pak bandi : “iya ma.. ini masih ada proyek yang belum selesai dan harus diselesaikan secepatnya.”
Bu syahrini : “oh yaudah pah , papa harus istirahat secukupnya supaya tidak sakit pas diluar kota ..”

Beberapa hari ini kemudian ..
Pak bandi pun harus berangkat keluar kota lagi untuk mengerjakan proyek yang belum selesai
Pak bandi : “mah, papa berangkat dulu yah.. kalau ada apa-apa hubungi papa”.
Bu syahrini : “iya pah, tapi mama kasian sama tobi .. karna tobi tidak bisa melihat papa berangkat keluar kota karna dia sedang kesekolah”.
Pak bandi : “iya mah , papa juga sedih dan kasian sama tobi .. pasti dia merasa kesepian karna sudah jarang bersama papa lagi. Tapi papa tidak bisa berbuat banyak , ini demi kehidupan kita juga”
Bu syharini : “iya pah , mama mengerti .. ya sudah nanti mama beritahu tobi kalau papa keluar kota lagi .. karna dia belum tahu kalo papa harus keluar kota”!
Pak bandi : “kalau begitu papa berangkat dulu ya mah , salam sama tobi” !
Bu syahrini : “iya pah hati-hati. Nanti mama sampaikan salam papa sama tobi”!
Pak bandi pun berangkat . Dan ibu syahrini mengerjakan tugas rumah seperti biasanya .

Beberapa jam kemudian tobi pun tiba dirumah dengan lelah karna matahari hari ini cukup terik . Dengan  mengucap salam , ia pun langsung menuju dapur karna mencium aroma masakan ibunya seperti biasanya.

Tobi mengganti pakaiannya dan menuju kedapur untuk makan siang .
Tobi : “wah keliahatannya enak sekali mah”..
Bu syahrini : “iya ini kan makanan kesukaan kamu .. ayo cepat makan nanti makanannya dingin”
Tobi : “iya ma”..
Bu syahrini : “oh iya , tobi papa tadi titip salam , dia harus berangkat keluar kota lagi , karna ada urusan kantor yang harus diselesaikan”
Tobi : “mm papa sibuk terus mah .. tobi jarang sekali bertemu papa akhir-akhir ini . tobi rindu sama papa yang dulu , yang selalu ada dirumah dan bercanda bareg tobi”
Bu syahrini : “iya tobi , mama mengerti apa yang kamu rasakan saat ini . mama juga merindukan keluarga kita yang dulu .. tapi ini demi keluarga kita juga tobi”.
Tobi : “iya ma , tobi akan mencoba untuk mandiri sekarang” .

Setelah berbincang dengan ibunya tobi pun masuk kekamar seperti biasa. Karna banyak tugas sekolah yang belum ia selesaikan .
Sementara itu bu syahrini yang telah selesai membereskan rumah , ingin keluar rumah untuk bertemu dengan salah satu tetangga nya yang sudah ia anggap kakaknya sendiri yaitu bu ijah.
Bu syahrini pun pergi ke dirumah bu ijah , sesampainya ia disana bu syahrini langsung mengucapkan salam
Bu syahrini : ”assalamualaikum” ..
Bu ijah : “walaikumsalam .. eh bu syahrini , apa kabar bu”?
Bu syahrini : “Alhamdulillah baik bu ijah .. sudah beberapa minggu ini kita tidak pernah bertemu”
Bu ijah : “iya bu .. pasti bu syahrini sangat sibuk ya dirumah ? sampai jarang untuk keluar rumah” ?
Bu syahrini : “iya bu , saya sibuk mengurus rumah dan tobi” .
Bu ijah : “oh begitu bu. Ngomong-ngomong pak bandi kemana bu ? sudah beberapa minggu ini saya tidak pernah melihat dia lagi”?
Bu syahrini : “oh iya suami saya sedang keluar kota bu ijah . dia sudah jarang tinggal dirumah dan sangat sibuk dengan pekerjaan kantornya” .
Bu ijah : “oh iya bu , pak bandi kan sudah naik jabatan yah.. jadi pasti sibuk sekali. Ngomong-ngomong bu syahrini sanggup ditinggal suami keluar kota terus?”
Bu syahrini : “yah sebenarnya tidak bu , soalnya saya dan tobi belum terbiasa dengan keadaan seperti ini , tapi karna sudah beberapa minggu suami saya pergi , saya mulai terbiasa dengan keadaan ini”
Bu ijah : “iya bu .. saya mengerti perasaan ibu”.
Bu syahrini : “aduh bu ijah saya harus pulang sekarang , saya lupa harus memasak untuk tobi karna dia pasti sudah lapar setelah mengerjakan tugas sekolahnya , saya pulang dulu ya bu , assalamualaikum”
Bu ijah : “walaikumsalam, salam sama tobi ya bu” .
Bu syahrini pun pulang kerumah , dan segera membuat makanan untuk tobi.

Dilain tempat pak bandi yang sedang sibuk mengerjakan proyeknya , dan dibantu oleh seorang pegawainya yang bernama bu dewi cantik tapi sayangnya centil dan suka menggoda . pak bandi pun awalnya tak terlena oleh godaan bu dewi , tapi karna sudah beberapa minggu ini dia selalu bersama dengan bu dewi, ia pun tergoda oleh rayuan nya , dan melakukan hubungan tersembunyi dengan bu dewi centil itu.
Beberapa hari ini pak bandi menghabiskan waktunya bersama bu dewi , dengan sedikit melupakan pekerjaanya yang seharusnya ia selesaikan .

Dan tiba lah hari dimana pak bandi harus kembali kerumah.
Sesampainya ia dirumah bu syahrini pun menuggunya seperti biasa.
Ketika pak bandi turun dari mobil bu syahrini langsung menyalami pak bandi , tapi pak bandi seperti acuh dengan bu syahrini . berbeda dengan hari ketika ia pulang 2 minggu yang lalu . pak bandi langsung masuk dirumah dan menuju kekamar untuk istirahat .
Dengan pulasnya pak bandi istirahat , bu syahrini pun masuk kekamar untuk melihat keadaan pak bandi , tetapi pada saat bu syahrini masuk kekamar handphone pak bandi berbunyi .. lalu seketika bu syahrini mengangkat telephone

Bu dewi : “halo sayang lagi apa” ?
Bu syahrini : “ini dengan siapa yah”?
Bu dewi :” mmm.. pak bandi nya ada ga”?
Bu syahrini : “oh pak bandi sedang tidur . ini dengan siapa” ?
Bu dewi : “oh yausudah” !

Setelah telephone dimatikan oleh bu dewi selingkuhan pak bandi itu. Bu syahrini pun kebingungan dan bertanya siapakah wanita yang menelpon tadi!
Tiba-tiba pak bandi bangun dan melihat bu syahrini memegang handphonenya. Dan seketika pak bandi marah kepada bu syahrini .

Pak bandi : “mama kenapa pegang-pegang handphone papa? Itu siapa yang nelpon”?
Bu syahrini :  “ini tadi ada perempuan yang nelpon papa terus bilang sayang sayang begitu ,perempuan itu siapa”?
Pak bandi : “itu palingan salah orang! Ma”
Bu syahrini : “oh iya mungkin pa”..

Bu syahrini yang mulai curiga dengan perempuan yang menelpon pak bandi tadi , tapi dengan tak gegabah ia mulai mencari tahu tentang perempuan itu.
Dengan bertanya kepada pegawai kantor pak bandi yang lain.
Dan bu syahrini pun mulai mengetahui yang sebenarnya , yaitu suaminya telah melakukan perselingkuhan dengan pegawainya sendiri .
Bu syahrini yang tak percaya dengan sikap suaminya itu dengan tenang dan sabar menahan rasa kecewa yang dirasakannya .

Tak berselang lama pak bandi yang baru saja pulang dari kantor langsung disalami oleh bu syahrini seperti hari biasa .
Tapi bu syahrini yang penuh dengan rasa kecewa langsung menanyakan pak bandi tentang perselingkuhannya dengan pegawai nya sendiri .
Tetapi pak bandi mengelak dengan pertanyaan itu .
Lalu bu syahrini yang percaya bahwa pak bandi berselingkuh karna ia melihat bahwa setelah pulang dari luar kota sikap suaminya mulai berbeda .
Dan disitulah terjadi pertengkaran antara bu syahrini dan pak bandi ..
 Pak bandi yang berbicara dengan kasar dan mengeluarkan kata-kata yang tak sepantasnya , tetapi bu syahrini sangat sabar berbicara dengan pak bandi , tetapi bu syahrini lelah dengan semua ucapan pak bandi , ia pun masuk kedalam kamar dengan air mata berjatuhan.

Beberapa hari setelah pertengkaran itu pak bandi semakin berubah , dan bu syahrini yang tak sanggup lagi dengan sikap dan perkataan yang diucapkan pak bandi ketika pertengkaran beberapa malam lalu berpikir untuk bercerai dengan pak bandi , karna sudah beberapa hari ini pak bandi sering tak pulang dirumah .

Pada saat bu syahrini memberitahukan pak bandi bahwa ia ingin bercerai dengannya pak bandi seketika menolak keinginan bu syahrini itu. Karna pak bandi berpikir kalau dia bercerai dengan bu syahrini dia tak tahu harus tinggal dimana karna rumah yang ia tinggali adalah rumah bu syahrini.

Beberapa hari kemudian bu syahrini tak punya pilihan lain , karna ia sangat ingin bercerai dengan pak bandi Ia pun pergi kepengadilan untuk mengajukan surat cerai.
Setelah mengetahui bahwa bu syahrini menggugatnya di pengadilan agama pak bandi pun menerima gugatan bu syharini dan akhirnya pak bandi harus bercerai dengan bu syahrini .

Setelah bercerai dengan pak bandi , bu syahrini pun tinggal berdua di rumahnya bersama anaknya ..
Awalnya mereka berdua tak biasa dengan kehidupan barunya itu tetapi mereka berdua berusaha menjalankan aktivitas sehari hari tanpa suami dan ayah .

Dan mereka berdua hidup bersama dengan bahagia .. 


Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: Wednesday, January 28, 2015

0 komentar:

Post a Comment

Indonesia Berkarya

IndonesiaberkaryA adalah Website yang di buat untuk memudahkan dan menawarkan Konten dan Artikel yang menarik,bermanfaat dan dengan berbagai kategori mulai dari Pemerintahan,pendidikan,masyarakat,sejarah, infolowongan kerja. Indonesiaberkarya selalu berusaha untuk menyajikan pos yang terbaik termasuk dengan memberikan kesempatan untuk pilihan Categori Masukan dari Pengunjung/pengguna. kami terus menambah isi konten pos categori seperti pemerintahan,pendidikan dan kami menawarkan pilihan terbaik yang akan anda dapatkan pada ujung jari anda. Content Online tidak pernah semudah ini..!!! tetap terhubung dan dapatkan Pos terbaru dan update setiap harinya. adalah prioritas kami untuk menciptakan pengalaman untuk setiap pengunjung. jadi mulailah Content online dan jika punya pertanyaan silahkan e-mail kami. (indonesiaberkarya27@gmail.com DMCA.com Protection Status

Blog Archive

Powered by Blogger.
Back To Top