JENIS JENIS MUSIK TRADISIONAL

Posted by Unknown on Thursday, July 24, 2014




Telah kita ketahui bahwa ragam music tradisional di Indonesia sangat banyak. Ada ratusan bahkan riuan lagudaerah di seluruh Indonesia dengan bahasa dan gaya penyampaian serta alunan melodi yang berbeda - beda. demikian pula halnya dengan instrument atau alat - alat music pengiringnya yang bermacam - macam dank has untuk tiap daerah. Keberagaman music daerah in tidak hanya terjadi antara pulau satu dengan pulau yang lain tetapi juga terjadi antara daerah yang satu dengan daerah yang laindi dalam suatu pulau. Sebagai contoh, di Jawa barat kita mengenal music genjring di subang, tarling di Cirebon, dan tentereng di sumedang. Music - music ini tumbuh dan berkembang di daerah masing - masing dan berbeda satu sama lainya. Dalam khazanah musik Indonesia, music - music tradisi di Indonesia mencakup Musik Vokal berupa lagu - lagu dan music Instrumen. Umumnya, antara Musik Vokal dan Instrumentalnya saling terkait. Music Instrumental umumnya di pakai untuk mengiringi music Vokalnya. Demikian Pula Musik tradisi daerah Rote, Nusa Tenggara Timur adalah Musik sasando karena Instrumenya Musik Utamanya Adalah Alat Musik Sasando.
Berikut Adalah Sebagaian Kecil dari Musik - music Tradisi di Indonesia.

1.       Musik Gong Luang
Musik Tradisional Ini berasal dari daerah Bali, Instrumen utamanya ada seperangkat gemelan yang diyakini bersifat Sacral. Musik ini umumnya digunakan untuk mengiringi upacara kematian (Ngaben), Gong Lual terdiri dari dua Buah Kata Yaitu Kata Gong dan Luang. Kata Gong mengacu Pada Nama Alat Musik Itu Sendiri Yaitu Gong. Kata Luang Berarti Ruang Atau rong, yaitu ruang / bidang untuk menyebutkan Nama Bidang atau Motif ruang Kosong yang akan diberi motif - motif ukiran Dekorasi dan Motif lainya.

2.       Musik CILOKAQ
Musik CILOKAQ adalah salah satu jenis music tradisional Lombok. Jenis musiknya adalah music Orchestra dengan menggunakan Vokal tunggal maupun pasangan. Penggarapan Musik ini, dalam penyajianya banyak menyoroti instrument gesek, tiup, petik dan Pukul. alat music CILOKAQ terdiri dari instrument drum 2 Buah, gong 1 Buah, gambus 2 Buah, suling 2 Buah, Biola 2 Buah, rerincik 1 buah, kekencring 1 Buah, dan Gitar.

3.       Musik Sasando Gong
Musik sasando Gong merupakan music Khas Pulau rote, Nusa Tenggara Timur. Instrumen utamanya adalah sasando Gong. Yaitu Jenis alat Musik petik yang terdiri dari sebtang Bambu sebagai tempat untuk menyangkutkan kawat halus untuk dipetik. Sedangkan untuk resonan Suara menggunakan daun   Lontar yang disusun berbentuk timba atau Lontar. Fungsi Musik Sasando Gong adalah sebagi media Hiburan, pengiringan Tari, dan Media dalam upacar adat setempat. Musik ini memiliki tangga nada Pentatonis (Nada Pelog dan siendro) dan ragam cara memainkanya antara lain Menggunakan cara Teo Renda, Langga, Feto Bo, Batu Matia,   Basili dan Lain - lain.

4.       Musik Panting
Musik panting adalah music tradisional kalaimantan selatan, music ini sangat digemari oleh masyarakat pendukungnya dan merupakan kebanggan daerah Kalimantan selatan, kata panting berarti petik, Yaitu membunyikan senar dengan teknik sentilan. Music ini dalam penyajianya dahulu banyak di pentaskan pada malam hari, namun sekarang, digunakan untuk menyambut tamu Kehormatan atau sebagi music Hiburan Rakyat. Musik Tradisional panting terdiri dari Instrumen Paw sendiri, Babaun, Agung, marakas / Giring - giring dan lanting.

5.       Musik karang dodou
Musik karang dodou adalah Musik Tradisional khas daerah tanah siang wilayah barito utara, Kalimantan tengah. music karang dodoku merupakan jenis music ritual yang biasanya di pakai pada saat upacara adat tertentu, misalnya acara memandikan atau memberikan Nama (Upacara "Noka Pati") dan mengobati orang sakit keras. Upacara tersebut diber nama Upacara (Nambang Morua) dalam music Ini dilantunkan Lagu - Lagu berupa mantra - mantra yang berisi Doa - doa kepada Mahotra (Tuhan Yang Maha Esa)

6.       Musik Tingkilan
Musik Tingkilan merupakan Musik tradisi yang hidup di daerah pantai / pesisir Kalimantan timur. Music ini bernafaskan islam dengan dukungan instrument yang khusus sepertiGambus, Ketipung / maruas, dan Biola. Fungsi Musik Tingkilan adalah sebgai media Hiburan, pengiring tari jepe, dan sarana dalam Hampir semua Upacara adat setempat.

7.       Musik syair Telimaa
Syair Telimaa adalah salah satu syair yang cukup terkenal, disamping syair lawih dan syair lainya. Dahuluu sair ini dilanturkan pada saat pesta resmi dan pertemuan - pertemuan kerabat sepupuh tanah mandalam di Bumi Uncok Kapuas (Kalimantan Barat) isinya syair Telimaa ini berupa pesan agar para generasi muda mempertahankan dan melestarikan nilai keberhasilan Budaya Bangsa nenek moyang. bentuk retime dan melodi musik syair telimaa ada Nada - nada kromatis, yang tidak sama.

8.       Musik Gaghahanggase
Gaghahanggase adalah salah satu music tradisional masyarakat Sangihe Talaud yang sudah lama Hidup dan berkembang terutama di kalangan Anak - anaknya. Musik Gaghahanggase merupakan panduan dari beberapa Jenis alat Musik yang sifatnya diatonis maupun Non diatonic. Dalam Penyajianya, music ini di Dukung oleh Vokal Pria Maupun wanita, dengan membawakan lagu - lagu daerah maupun lagu nasional. instrument - instrument pendukung Gaghahanggase adalah Musik Bambu, music kentel / tunta, music seheng, music tatengkorang, music tagong, music tambur, music kalikitong, music behonggang / kerang, dan music keroncong / juk kecil.

9.       Musik rambi Muna
Rabi Muna Berarti bermain Gong Versi Muna-sulawesi Tenggara. Musik ini merupakan sajian Suara-unyian diantaranya Mata-Tou, Kaganda-lipat Mbite, dan Boka-boka. Dari bebunyian tersebut terbentuk alat seni yang bernada Indah dan disebut seni Mata-Tou rambi Muna.

10.   Musik Senandung Jolo
Musik senandung Jolo Merupakan salah satu music Tradisional dari Jambi terutama yang ada di Kecamatan Muara sabak Kabupaten Jabung Timur. Musik ini biasanya disajikan pada saat masyarkat akan turun ke sawah (manunggal padi) pada saat Manunggal Padi tersebut, para pemuda dan Pemudi mengungkapkan isi hatinya dengan melantunkan pantun secara bergantian, alntunan pantun - pantun ini di r = iringi dengan music yang terdiri dari alat - alat Musik kolintang Kay, Biola, gendang satu, Gendang dua Berta Gong.

11.   Musik Huda
Musik Ini berangkat dari tiga jenis music tradisional Minagkabau seperti Dikil Rabaro, Dikil Mundan dan salaulaik Saldo. Ketiga Musik Tersebut bernafaskan Islam. Didkil rabaro merupakan Seni Vokal yang memakai Rabaro sebagi Ritme atau sebagai iringan. Dikil Mundan Juga Merupakan seni Vokal yang memakai Mudan sebagai Retrimen atau iringan. Salauulaik tersisa adalah seni Vokal yang memakai nampan sebagai retime atau iringan. Dalam menginvonasikan music tersebu. dicoba menggabungkan ketiga jenis music itu Hinggah menjadi suatu komposisi yang utuh. Komposisi Musik Inilah yang disebut Musik Huda.

12.   Musik Angklung Banyuwangi
Musik Ini adalah music rakyat dari daerah Banyuawangi, jawa Timur, Nama angklung ini diambil dari salah satu perangkat music yang digunakan dalam mengungkapkan gending - gending banyuwangen. Alat music ini terbuat dari bahan bamboo yang ruasnya disusun seperti Gambang Jawa dengan susunan nada slendro. Musik Angklung Banyuwangi terdiri dari instrumen - instrument sepasang angklung sebagai pembawa Gending - gending, 2 Demung, 2 slentem, 4 Baron, 2 Peking, 1 Kendang, 1 Gong Besar, dan 1 Seruling. music Ini biasa dipakai sebagi sarana Hiburan dan ditampilkan saat Hajatan seperti Pernikahan dan Khitanan.

13.   Musik Gedongan
Musik Ini adalah Musik Khas masyarkat Banyuwangi yang biasa dimainkan pada saat Bulan Purnama atau mejelang acara hajatan tertentu. Pemain Musik ini berjumlah 8 Orang yang kesemuaanya adalah perempuan. Instrumen utamanya adalah lesung dengan ukuran yang berbeda - beda. ukuran yang berbeda - beda ini memungkinkan setiap lesung menghasilakn Suara yang berbeda - beda dan mendekati bunyi nada - nada slendro. Dalam perkembanganya, instrument music ini sering ditambahkan dengan permainan alat Musik Angklung, ining - ining (semacam Triangle) dan Gong.

14.   Musik Melayu asli
Musik ini berasala dari daerah riau. dari sejarahnya, music ini adalah music pengiring lagu dendang sayang yang diyakini sebagai Induk lagu - lagu melayu. pada Abad ke 14, music ini teah dimainkan di istana raja - raja melayu terutama di Kerajaan Melayu Bian. Instrumen Utama music ini adalah Rebap, gendang kecapak, dan Gong. Namun saat ini, Kombinasi instrumenya telah berubah. Rebap sebagai Pembawa Melodi, saat ini telah diganti dengan permainan Biola. Selain itu, masuk Instrumen baru yakni accordion, harmonium, dan mandolin. jenis lagu yang di mainkan adalah lagu - lagu melayu asli yang memiliki cirri rentak. Contoh Lagu Melayu asli antara lain Rentak Melayu asli, Joget, Zapin, masri, Mainang, dan mainang Kampung.

15.   Musik Joget
Musik ini adlah music rakyat daerah Pesisir riau dan riau Samudra, music ini adaalah bentuk Musik Orkesyang biasa dimainkan sebgai iringan tarian   Joget, music ini memiliki kekhususan baik dalam gaya, irama yang merupakan perpaduan harmonis antara tarian, nyanyian, dan musiknya. Oleh karena itu, music ini tidak dapat dipisahkan dari tarian Joget. Demikian sebaliknya, tarian Joget tidak dapat dimainkan tanpa music Ini.

Jenis Alat Musik tradisional dan asal nama daerahanya
No Nama Cara Memainkan Provinsi
1 Gamelan Ditabuh Jawa Tengah dan Bali
2 Rebab Digesek Jawa Barat dan Jawa Tengah
3 Nafi Ditiup Maluku
4 Sasando Dipetik Nusa Tenggara Timur
5 Tifa Dipukul Papaua dan Maluku
6 Kolintang Ditabuh Minahasa
7 Anggklung Digerakan Jawa Barat
8 Salung Ditiup Sumatera Barat
9 Siter Dipetik Jawa Tengah
10 Popondi Dipetik Sulawesi Selatan
Tiap daerah memiliki alat musik yang berbeda – beda . Biasanya alat – alat musik dipergunakan untuk mengiringi upacara atau taraian adat. Ada yang dimainkan dengan cara digesek , ditabuh , di tiup , atau dipetik. Beberapa contoh alat musik itu adalah seperti di atas.  



Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: Thursday, July 24, 2014

Indonesia Berkarya

IndonesiaberkaryA adalah Website yang di buat untuk memudahkan dan menawarkan Konten dan Artikel yang menarik,bermanfaat dan dengan berbagai kategori mulai dari Pemerintahan,pendidikan,masyarakat,sejarah, infolowongan kerja. Indonesiaberkarya selalu berusaha untuk menyajikan pos yang terbaik termasuk dengan memberikan kesempatan untuk pilihan Categori Masukan dari Pengunjung/pengguna. kami terus menambah isi konten pos categori seperti pemerintahan,pendidikan dan kami menawarkan pilihan terbaik yang akan anda dapatkan pada ujung jari anda. Content Online tidak pernah semudah ini..!!! tetap terhubung dan dapatkan Pos terbaru dan update setiap harinya. adalah prioritas kami untuk menciptakan pengalaman untuk setiap pengunjung. jadi mulailah Content online dan jika punya pertanyaan silahkan e-mail kami. (indonesiaberkarya27@gmail.com DMCA.com Protection Status
Powered by Blogger.
Back To Top