Macam Macam Gerakan Tarian

Posted by Unknown on Wednesday, March 04, 2015


Gerak adalah perubahan posisi atau sikap . Dalam menari , gerak merupakan usnsur utama . Gerak dipadukan mejadi sebuah rangkaian tari yang indah . Ada banyak gerakan tarian yang dapat dilakukan. Gerakan tarian meliputi gerak kepala, gerak lengan , gerak kaki , dan Pinggul.
Dalam melakukan gerak tari , penari dapat berpindah – pindah tempat atau berubah possi dengan cara bergerak dari tempat yang satu ke tempat yang lain.

Adapun macam – macam gerak berpindah tempat dapat di lakukan dengan sebagai berikut.
  • Gerakan ke kanan dan Ke Kiri
    - Kaki kanan melangkah ke depan
    - Kaki kiri mengikuti kaki kanan
    - Kaki kiri melangkah ke Kiri
    - kaki Kanan Mengikuti kaki Kiri
  • Gerakan Maju Mundur
    - Kaki kanan Maju
    - Kaki kiri maju sejajar dengan kaki kanan
    - Kaki kiri mundur
    - Kaki kanan Mundur sejajar dengan kaki kiri
  • Gerakan Berlari
    - Berlari di tempat
    - Berlari maju Mundur
    - Berlari Membentuk Lingkaran
  • Gerakan Melompat
    - Melompat ke depan
    - Melompat ke Belakang
    - melompat ke kanan
    - Melompat ke kiri

Bentuk Gerak Tari Berdasrkan Jumlah Penari
berdasrkan jumlah penari , gerak tari di bedakan menjadi tiga , yaitu gerak tunggal , gerak berpasangan , dan gerak kelompok
  • Gerak Tunggal, adalah gerak tari yang dibawakan oleh seorang penari , baik putra maupun putri dalam membawakan tari seorang diri, penari harus lebih berani, percaya diri , serta harus dapat menguasai gerak tari yang akan ditampilkan. Ragam gerak tari tunggal adalah gerak tempat, gerak berpindah tempat , gerak lantai dan gerak meloncat. Contoh gerak tunggal dapat kita lihat pada tari bondan , tari gambir anom , tari rahwana , tari golek , tari srikandi, dan tari sekar putri.
  • Gerak Berpasangan, Biasanya dibawakan oleh dua orang penari, yaitu seorang penari putra dan seorang penari putri , atau dapat juga berpasangan putra putri dan putra putra. Dalam melakukan gerak berpasangan , gerak kita dengan pasangan menari belum tentu sama . Gerak biasanya dilakukan kearah berlawanan atau menghadap ke arah yang berbeda. Jika gerakan tari dilakukan dengan baik dan kompak , tarianya akan lebih indah.
  • Gerak kelompok, dibawakan oleh tiga orang penari atau lebih , dalam melakukan gerak kelompok , setiap penari tidak boleh menonjolkan dirinya sendiri karena terikat aturan yang ada . Aturan – aturan itu harus di patuhi oleh seluruh penari agar tercipta keserasian. Gerak tari yang di lakukan secara kelompok mengutamakan kekompakan agar dalam pembentukan informasi memiliki komposisi yang baik dan seimbang.
Halaman       : INDONESIA BERKARYA
Description  : Macam - Macam Gerakan Tarian 
Label            : Pendidikan 
Ranting        : 5  
  
Aksesoris dan Properti Tari, adalah alat – alat yang di gunakan untuk menari. Aksesoris dan properti tari biasanya terbuat dari bahan imitasi. Misalnya , dari plsatik, karet, kayu, karton, kuningan yang semuanya menampilkan kegemerlapan dan penuh hiasan. Aksesoris ikat kepala dan hiasan rambut dipilih sesuai tema dan karaktr tari agar tidak menggangu gerakan pada saat pentas. Demikian pula dengan propertinya properti bukan hanya perlengkapan semata – mata , tetapi mencerminkan makna yang inggin disampaikan dalam tarian. Beberapa properti seperti keris, panah dan tombak sering di jumpaia dalam tarian- tarian yang bertemakan perang.



Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: Wednesday, March 04, 2015

0 komentar:

Post a Comment

MACAM - MACAM TIPS KESEHATAN

Indonesia Berkarya

IndonesiaberkaryA adalah Website yang di buat untuk memudahkan dan menawarkan Konten dan Artikel yang menarik,bermanfaat dan dengan berbagai kategori mulai dari Pemerintahan,pendidikan,masyarakat,sejarah, infolowongan kerja. Indonesiaberkarya selalu berusaha untuk menyajikan pos yang terbaik termasuk dengan memberikan kesempatan untuk pilihan Categori Masukan dari Pengunjung/pengguna. kami terus menambah isi konten pos categori seperti pemerintahan,pendidikan dan kami menawarkan pilihan terbaik yang akan anda dapatkan pada ujung jari anda. Content Online tidak pernah semudah ini..!!! tetap terhubung dan dapatkan Pos terbaru dan update setiap harinya. adalah prioritas kami untuk menciptakan pengalaman untuk setiap pengunjung. jadi mulailah Content online dan jika punya pertanyaan silahkan e-mail kami. (indonesiaberkarya27@gmail.com DMCA.com Protection Status
Powered by Blogger.
Back To Top