Jenis jenis Bidang Usaha Perekonomian

Posted by Unknown on Friday, March 13, 2015


Sumber daya alam yang ada di Indonesia menyediaakan banyak barang untuk memenuhi kebutuhan manusia, namun , tidak semua barang dai alam dapat langsung digunakan atau di pakai. Banyakanya barang yang harus di olah terlebih dahulu agar menjadi barang yang siap pakai . Proses pengambilan bahan dari alam sampai ke Konsumen memerlukan berbagai usaha . Berdasarkan lapangan usahanya, jenis usaha perekonomian yang ada di Indonesia di bagi menjadi bidang pertanian, pertambangan , Industri , dan Jasa.

BIDANG PERTANIAN
Negara indonesia adalah negara agraris . Sebagian besar penduduknya mempunyai mata pencaarian di bidang pertanian. Sumber dyaa alam yang berupa tanah subur sangat mendukung kegiatan bercocok tanam . Sebagian besar masyarakat indonesia hidup dari bercocok tanam . Bidang pertanian meliputi subbidang pertanian rakyat , perkebunan, kehutanan , perternakan, dan perikanan.

  • Petanian Rakyat, adalah subbidang pertanian yang dikerjakan oleh perseorangan maupun kelompok dengan skala usaha yang relatif kecil . Hasil produksi dari pertanianrakyat biasanya berupa makanan pokok , misalnya padi , jagung, kedelai , kacang – kacangan , dan tanamanpalawija. Selain itu pertanian rakyat juga menghasilkan sayur – sayuran, seperti bayam , kentang , wortel dan Buah- Buahan.
  • Kehutanan, kegiatan produksi di bidang kehutanan menghasilkan kayu , rotan , dan damar . Bahan – bahan ini banyak di gunakan untuk bahan bangunan , dan damar . Bahan bangunan dan peralatan rumah tangga. Bidang kehutanan bersifat ekstraktif, yakni memungut hasil hutan dan langsung dan langsung bisa di jual ke pihak Konsumen . Pemerintah membuat aturan – aturan agar hutan tidak menjadi rusak dan habis . Beberapa aturan pemerintah itu , antra lain sebagai berikut :
  1. Hanya orang yang mempunyai izin diperbolehkanmengambil izin hasil hutan. Izin itu dikeluarkan oleh pemerintah . Izin penebangan hutan disebut Hak Pengusuhan Hutan ( HPH)
  2. Pihak yang mendapatkan Izin pengelolaan hutan harus bertanggung jawab terhadap peremajaan hutan dengan jalan melakukan penghijauan kembali.
  3. Pemerintahmelarang ekspor hasil hutan secara utuh, melainkan harus sudah menjadi barang jadi. Conttohnya kayu gelondongan tidak boleh di ekspor , kecuali jika telah di buat mebel
  4. pemerintah mengklasifikasikan jenis hutan , misalnya hutan lindung dan hutan tanaman industri. Hutan lindung berguna untuk melindungi dan hutan tanaman industri .hutan lindung berguna untuk melindungi ekosiste dan menjamin ketersediaan air sehigggah sama sekali tidak boleh ditebangi.
  • Bidang Perkebunan , perkebunan adalah kegiatan pertanian berskala besar dengan menanam komoditas tertentu baik untuk melayani kebutuhan dalam negeri maupun ekspor . Bebrapa komoditas perkebunan , antara lain kopi , the cengkih , karet dan kelapa sawit . Hasil produksinya ada yang di gunakan sebagai bahan makanan , misalnya kopi dan the . Namun , ada pula yang di gunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan barang perlengkapan kebuthan hidup , misalnya karetyang bisa di gunakan untuk membuat ban dan kendaraan .
  • Bidang Perikanan, di bagi menjadi dua yaitu perikanan laut dan perikanan darat . Perikanan lau bersifat ekstraktif karena hanya mengambil sumberdaya alam dari lautan, tanpa harus membudidayakan. Beberapa hasil perikanan laut , antara lain Ikan tuna , Ikan Tongkol , Rumput laut , dan Mutiara. Sementara itu , perikanan darat terlebih dahulu harus melakukan budi daya dengan menyebarkan benih di tambak – tambak. Hasil perikanan darat , antara lain gurame,kakap,bendeng , udang , dan lele.
  • Bidang Perternakan , kegiatan mengembang biakan hewan ternak .kegiatan produksi peternakan yang dilakukan menghasilkan barang untuk kebutuhan makan. Contohnya , produksi dagging sapi , dagging ayam , telur ayam , telur puyuh, susu sapi , dan madu. Selain kebuthan makanan, hasil peternakan juga di pakai untuk membuat pakaian. Misalnya , bulu domba yang di gunakan untuk bahan Wol.

BIDANG PERTAMBANGAN
Bidang pertambangan merupakan kegiatan ekstraktif, yakni mengambil sumber daya alam dan langsung dapat di jual tanpa melalui proses produksi. Barang tambang termasuk barang yang tidak dapat di perbarui. Artinya , jika sumber daya alam itu terus di eksplorasi akan habis. Akibatnya generasi yang akan datang tidak dapat menikmatinya. Beberapa hasil tambang , antara lain gas bumi, minyak bumi,batu bara, pasir besi,tembaga,dan emas. Indonesia adalah negara yang kaya sumber daya alam. Pertambangan merupakansalah satu sumber pendapatan terbesar yang di sumbangkan negara. Selama ini, hasil dari penambangan minyak bumi telah jadi sumber penghasil utama perekonomian bangsa kita.

BIDANG INDUSTRI
industri adalah usaha mengelola bahan baku menjadi setengah jadi , bahan baku menjadi bahan jadi , atau bahan setengah jadi menjadi bahan jadi. Jenis usaha industri bermacam-macam.industri dapat dikelompokan dalam tiga jenis, yakni industri berat, industri sedang, dan industri / kecil .
a. Industri Berat, industri yang menggunakan teknologi tinggi dan bersifat strategis. Artinya , industri ini sangat vital bagi kepentingan bangsa. Beberapa contoh industri besar dan perusahaannya adalah sebagai berikut :
  1. Industri baja yang mengelolah biji besi menjadi logam baja, antra lain dilakukan oleh PT. Krakatau Steel di Cilegon.
  2. Industri semen yang mengelola batu kapur menjadi semen, antara lain dilakukan oleh PT. Semen Gresik di Tuban, PT. Semen Padang di Padang, dan PT. Indocement di Cibinong.
  3. Industri Petrokimia yang menghasilkan bahan – bahan kimia dasar untuk industri , antara lain dilakukan PT. Petrokimia Gresik di Gresik.
  4. Industri kertas yang mengelola bubur kayu menjadi kertas, antra lain dilakukan oleh PT. Tjiwi Kimia di Jawa Timur.
  5. Industri Elektronik yang membuat barang – barang elektronik seperti televisi, radio AC, dan Lemari Es, antra lain dilakukan oleh PT. Panasonic di Jakarta.
b. Industri Sedang adalah industri yang menggunakan teknologi tingkat menengah , jenis industri ini , antra lain industri makanan dan minuman , industri susu formula, mi instan, biskuit, sabun mandi , dan tekstil.
Beberapa contoh industri menengah , antra lain sebagai berikut.
  1. Industri makanan ringan yang membuat roti biskuit, seperti PT. Nisin Indonesia di Ungaran.
  2. Industri mie yang membuat mie instan't , antra lain dilakukan oleh PT. Indofood Sukses Makmur.
  3. Industri susu formula yang membuat susu sapi menjadi susu kaleng, antra lain dilakukan oleh PT. Sari husada di Yogyakarta.
  4. Industri sabun mandi dan sabun cuci , pasta gigi, dan shampo di antranya dilakukan oleh PT. Uniliver Indonesia di Jakarta dan PT. Ciptadent di Surabaya.
  5. Industri Tekstil yang membuat bahan – bahan pakaian, antra lain PT. Apac Inti Corpora di Ungaran, PT. Damatex di salatiga, dan PT. Sritex di Solo.
c. Industri Ringan / Kecil adalah industri yang menggunakan teknologi sederhana baik dilakukan oleh rumah tangga ataupun perusahaan kecil dan menengah. Beberapa contoh industri kecil, antra lain sebagai berikut.
  1. Industri batik yang membuat batik tulis dan cap , antra lain dilakukan oleh perajin batik di pekalongan, laweyan di surakarta, dan pedan di klaten.
  2. Industri jamu yang membuat jamu – jamu tradisional, antra lain dilakukan oleh pengusaha jamu di cilacap.
  3. Industri kerupuk , batu bata,sapu ijuk, dan cinderamata banyak dilakukan masyarakat di berbagai daerah.
BIDANG JASA
Usaha jasa adalah usaha yang kegiatanya berupa pelayanan kepada konsumen. Usaha jasa dapat berupa kegiatan jual beli jasa dan perdaggangan. Usaha jasa dapat dilakukan oleh perusahaan pemerintah,swasta, ataupunperorangan. Contohnya perusahaan asuransi, perusahaan anggkutan, wartel,bengkel, salon, dan pengacara. Bidang jasa di bidang perdaggangan , seperti usaha distribusi barang dari produsen kepada konsumen melalui kegiatan jual beli.
Barang yang diproduksi oleh produsen seringkali tidak bisa langsung sampai konsumen. Hal ini disebapkan beberapa kemungkinan, antara lain jarak antara produsen dan konsumen cukup jauh, konsumen tidak tahu lokasi pabrik yang membuat barang kebutuhanya, produsen juga tidak tahu tempat konsumen yang membutuhkan barang produksinya. Oleh karena itu diperlukan suatu usaha sebagai sebagai perantara antra produsen dan konsumen perantra ini di sebut pedaggang.

Halaman                   : INDONESIA BERKARYA
Description               : Jenis – jenis Bidang Usaha Perekonomian
Label                        : Pendidikan
Terkait                     : Nama – Nama Pelaku Usaha Ekonomi

Ranting                    : 5  

Demikian sekilas dari Jenis Usaha Perekonomian di Indonesia menurut Bidang masing – masing. Selain itu Usaha Juga di kelola oleh pelaku yang dibedakan Yaitu BUMN ( Badan Usaha Milik Negara) dan Badan Usaha Milik Daerah ( BUMD) , Badan Usaha Milik Swasta ( BUMS) Serta Koperasi .


Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: Friday, March 13, 2015

0 komentar:

Post a Comment

Indonesia Berkarya

IndonesiaberkaryA adalah Website yang di buat untuk memudahkan dan menawarkan Konten dan Artikel yang menarik,bermanfaat dan dengan berbagai kategori mulai dari Pemerintahan,pendidikan,masyarakat,sejarah, infolowongan kerja. Indonesiaberkarya selalu berusaha untuk menyajikan pos yang terbaik termasuk dengan memberikan kesempatan untuk pilihan Categori Masukan dari Pengunjung/pengguna. kami terus menambah isi konten pos categori seperti pemerintahan,pendidikan dan kami menawarkan pilihan terbaik yang akan anda dapatkan pada ujung jari anda. Content Online tidak pernah semudah ini..!!! tetap terhubung dan dapatkan Pos terbaru dan update setiap harinya. adalah prioritas kami untuk menciptakan pengalaman untuk setiap pengunjung. jadi mulailah Content online dan jika punya pertanyaan silahkan e-mail kami. (indonesiaberkarya27@gmail.com DMCA.com Protection Status
Powered by Blogger.
Back To Top