Jenis Jenis Hutan di Indonesia

Posted by Unknown on Wednesday, March 04, 2015


Indonesia terdiri dari banyak Pulau. Oleh karena itu , indonesia di sebut sebagai negara kepulauan. Jumlah pulau di indonesia di perkirakan sebanyak 18.110 pulau. Berdasrkan data statistik, pulau yang di Huni hanaya 931 Buah. Jumlah yang mendiami tiap pulau juga berbeda – beda. Ada pulau yang padat penduduknya, namun ada pula yang jarang penduduknya. Pulau yang padat penduduknya adalah Pulau Jawa, sedangkan yang paling jarang penduduknya adalah papua. Adapun hutan di Indonesia tersebar di setip pulau . Menurut jenis pohon yang tumbuh, hutan di bedakan menjadi dua yaitu Hutan Hetrogen dan Hutan homogen.

  • HUTAN HETROGEN, adalah hutan yang di tumbuhi oleh berbagai jenis tumbuh-tumbuhan , contohnya hutan tropis.
  • HUTAN HOMOGEN, adalah hutan yang hanya di tumbuhi satu jenis tumbuhan , misalnya hutan jati, hutan Bambu, hutan karet, dan hutan bakau.
        Menurut Fungsi dan manfaatnya , hutan dibagi menjadi hutan produksi,huran lindung, dan hutan        
wisata.

  1. Hutan Produksi, adalah hutan yang dapat di manfaatkan atau di ambil hasilnya untuk memenuhi kebutuhan hidup masnusia. Hasil hutan produksi dapat berupa kayu, rotan,atau getah karet. Kayu di ambil untuk industri kertas dan industri kayu lapis, sedangkan getah karet di ambil untuk industri karet.
  2. Hutan Lindung, adalah hutan yang berfungsi untuk melndungi pada daerah yang miring shingah mencegah terjadinya banjir dan erosi. Pohon – pohon di dalam hutan lindung tidak boleh di tebangi.
  3. Hutan suaka alam dan hutan Wisata, adalah hutan yang difungsikan untuk melindungi jenis hewan atau tumbuhan tertentu dari kepunahan. Tumbuhan dan hewanyang di lindungi biasanya termasuk tumbuhan dan hewan langka sehingah perlu dijaga kelestarianya.

Didalam hutan suaka alam, orang tidak boleh berburu hewan. Utan yang di fungsikan untuk melindungi jenis tumbuhan tertentu disebut cagar alam. Hutan yang di fungsikan untuk melindungi jenis tunbuhan tertentu di sebut Cagar alam. Hutan yang di Fungsikan untuk melindungi jenis hewan tertentu di sebut suaka margasatwa. Contoh cagar alam dan suaka margasatwa yang ada di Indonesia antaralain.
  1. Cagar alam batang Palupuh di Sumatra barat untuk melindungi tumbuhan Rafflesia arnoldi ( Bunga Bangkai )
  2. Cagar alam Wijayakusuma di Jawa Tengah Untuk Melindungi tumbuhan Wijaya Kusuma
  3. Suaka Margastwa Ujung Kulon di Banten untuk Melindungi Badak Bercula satu
  4. Suaka Margasatwa Way Kambas di lampung untuk Melndungi Gajah.
  5. Suaka Margasatwa Pulau Komodo di Nusa tenggara Timur untuk Melindungi Komodo.

Hutan Suaka alam juga banyak yang di Fungsikan sebagai tanaman Nasional. Di taman Nasional , orang dapat berwisata atau mengadakan penelitian. Namun mereka tidak Boleh merusak tumbuhan, Menangkap, apalagi membunuh binatang – binatang yang di Lindungi.





Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: Wednesday, March 04, 2015

0 komentar:

Post a Comment

MACAM - MACAM TIPS KESEHATAN

Indonesia Berkarya

IndonesiaberkaryA adalah Website yang di buat untuk memudahkan dan menawarkan Konten dan Artikel yang menarik,bermanfaat dan dengan berbagai kategori mulai dari Pemerintahan,pendidikan,masyarakat,sejarah, infolowongan kerja. Indonesiaberkarya selalu berusaha untuk menyajikan pos yang terbaik termasuk dengan memberikan kesempatan untuk pilihan Categori Masukan dari Pengunjung/pengguna. kami terus menambah isi konten pos categori seperti pemerintahan,pendidikan dan kami menawarkan pilihan terbaik yang akan anda dapatkan pada ujung jari anda. Content Online tidak pernah semudah ini..!!! tetap terhubung dan dapatkan Pos terbaru dan update setiap harinya. adalah prioritas kami untuk menciptakan pengalaman untuk setiap pengunjung. jadi mulailah Content online dan jika punya pertanyaan silahkan e-mail kami. (indonesiaberkarya27@gmail.com DMCA.com Protection Status
Powered by Blogger.
Back To Top