Macam Macam Iklim Di Indonesia

Posted by Unknown on Wednesday, March 04, 2015

Macam – macam Iklim Di Indonesia


Iklim adalah rata – rata keadaan udara dalam waktu yang lama dan meliputi daerah luas . Iklim di indonesia terdiri atas iklim musim ( Muson) , Iklim Tropika (panas), dan Iklim laut .
Iklim di indonesia di pengaruhi oleh letakgeografis dan astronomis. Di Negara lain yang letak geografis ataupun astronominya berbeda dengan indonesia , akan memeiliki iklim yang berbeda pada.

  1. IKLIM MUSIM ATAU MUSON
    Angin musim atau agnggin muson adalah anggin yang bertiup dari benua astralia ke Benua Asa, atau sebaliknya . Indonesia yang terletak di antara kedua benua tersebut di lalaui oleh anggin musim atau anggin Muson. Ada dua macam angin musim, yaitu angin musim barat dan angin musm timur . Kedua anggin musin itu menyebapkan Indonesia memiliki dua musim selama satu tahun, yaitu musim hujan dan musim kemarau;

            Anggin Musim Barat , Bertiup dari benua asia ke benua astralia dengan melewati indonesia. ngin yang bertiup dari arah timur laut itu , melewati laut yang luas sehinggah banyak engandung uap air. Anggin musim barat menyebapkan di Indonesia terjadi musim Hujan pada ulan Oktober Hingah april. Angin Musim Timur, Bertiup dari benua astralia ke Benua Asia dan melewati Indonesia . Angin musim itu melewati laut yang sempit sehinggah tidak mengandung uap air. Anggin tersebut bersifat kering .angin musim timur ini menyebapkan di Indonesai erjadi musim kemarau ada Bulan April Hinggah Oktober.
2. IKLIM TROPIS

Indonesia dilalui garis khatulistiwa. Garis khatulistiwa adalah garis khayal yang membagi dunia menjadi dua bagian yang sama , yaitu bagian utara dan bagian selatan. Garis khatulistiwa ini disebut juga garis lintang 0 Derajat. Garis garis sejajar dengan garis Khatulistiwa dan terletak di sebelah utaranya disebut garis lintang utara(LU) , sedangkan garis – garis yang sejajar dengan garis khatulistiwa disebut garis lintang selatan(LS) sedangkan Garis Lintang 90 Derajat LS terletak di Kutub selatan. Berdasrkan garis lintang ,iklim di bagi menjadi 4 bagian.

1. daerah yang terletak di antara garis lintang 23,5 LU sampai 23,5 LS memiliki Iklim tropis
2. Daerah yang terletak di antara 23.4 Lu-40 LU dan 23.5 -LS-40 Ls memiliki iklim subtropis.
3. daerah yang terletak di antara 40 derajat LU-66.5 Lu dan 40 LS -66,5 LS memiliki Iklim Sedang.
4. Daerah yang terletak di antara 66.5 LU-90 LU ( Kutub Utara dan 65,5 LS-90 LS ( Kutub Selatan) Memiliki Iklim Dingin .

Di Idonesia , garis khatulistiwa melewati pulau kalimantan dan pulau sumatra. Kota yang dilewati garis ini adalah kota Pontianak di kalimantan barat dan kota bukit tinggi di sumatra barat. Iklim tropis menyebapkan udara cukup panas di Indonesia . Orang akan mudah berkeringat . Karena itu , pakaian yang dikenakan masyarakat di daerah beriklim tropis biasanya tipis dan mudah menyerap keringat . Berbeda dengan orang yang tinggal di daerah subtropis dan Iklim dingin. Mereka mengenakan pakaian tebal.

3. IKLIM LAUT

Negara indonesia adalah negara Kepulauan .sebagaian besar daratan indonesia di kelilngi oleh laut atau samudra. Itulah sebapnya indonesia memiliki iklim laut. Iklim laut adalah iklim yang dipengaruhi oleh anggin laut. Sifat iklim laut adalah lembap dan banyak mendatangkan Hujan. Curah Hujan yang banyak menyebapkan flora di Indonesia Tumbuh Subur.


Letak Astronomis adalah Letaksuatu wilayah berdasrkan Garis Lintang dan Garis Bujur. Garis Bujur adalah Garis yang Membentang dari Kutub utara hinggah kutub selatan. Garis Lintang adalah garis khayal yang melingkari bumi , sejajar dengan garis khatulistiwa, baik yang ada di selatan ( garis Lintang selatan) maupun di sebelah utara ( garis Lintang utara) Letak Geografis adalah Letak suatu wilayah berdasrkan keadaan alam yang membatasinya. Menurut bentangan alam wilayah Indonesia di bagi menjadi tiga daerah, yaitu dangkalan sunda, dangkalan sahul,dan daerah Peralihan.




Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: Wednesday, March 04, 2015

0 komentar:

Post a Comment

Indonesia Berkarya

IndonesiaberkaryA adalah Website yang di buat untuk memudahkan dan menawarkan Konten dan Artikel yang menarik,bermanfaat dan dengan berbagai kategori mulai dari Pemerintahan,pendidikan,masyarakat,sejarah, infolowongan kerja. Indonesiaberkarya selalu berusaha untuk menyajikan pos yang terbaik termasuk dengan memberikan kesempatan untuk pilihan Categori Masukan dari Pengunjung/pengguna. kami terus menambah isi konten pos categori seperti pemerintahan,pendidikan dan kami menawarkan pilihan terbaik yang akan anda dapatkan pada ujung jari anda. Content Online tidak pernah semudah ini..!!! tetap terhubung dan dapatkan Pos terbaru dan update setiap harinya. adalah prioritas kami untuk menciptakan pengalaman untuk setiap pengunjung. jadi mulailah Content online dan jika punya pertanyaan silahkan e-mail kami. (indonesiaberkarya27@gmail.com DMCA.com Protection Status
Powered by Blogger.
Back To Top