Contoh Tugas Makalah Fisika ( Hukum kekelan energi )

Posted by Unknown on Wednesday, January 28, 2015

Kata pengantar :

            Kehidupan kita banyak sekali hal-hal yang berkaitan dengan fisika, untuk itu pelajaran fisika sangat berguna bagi kehidupan. Dengan adanya fisika memungkinkan manusia mengetahui suatu hal pekerjaan. Dan hanya mengetahui dalam rumus fisika. Dengan fisika pula kita dapat menjalin hubungan kerjasama yangsatu dengan yanglainnya. Secara singkat dapat dinyatakan bahwa tanpa ilmu fisika manusia akan hidup dalam kesusahan dalam mengetahui rumus-rumus yang berkaitan dengan kehidupan kita misalnya ilmu-ilmu kedokteran,listrik, bangunan, perbintangan, kehidupan tentang siang dan malam dan masih banyak lagi yang lainnya.
            Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang langsung maupun tidak langsung membantu terwujudnya penyelesaiaan makalah ini semoga usaha kami sangat bergunakhususnya bagi para guru dan siswa MAN 1 kasipute serta semua orang yang menyukai fisika yang deterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  
Daftar Isi

Bab 1 Pendahuan
a.    Tujuan…………………………………………………………….
b.    Manfaat…………………………………………………………..
Bab 2 Pembahasan
a.    Hukum kekekalan energy………………………………………..
b.    Asas black………………………………………………………….
c.    Asas black dan kalori materi……………………………………..
Bab 3 Penutup
a.    Kesimpulan………………………………………………………..
b.    Saran……………………………………………………………….
Daftar pusaka

BAB 1
PENDAHULUAN

Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatu.
Puji sukur kita panjatkan kehadirat Allah yang maha kuasa, kareba atas izinnyalah (kami kelompok 4) dapat menyelesaikan tugas makalah ini sebagaimana mestinyadan terimakasih pula kepada bapak/ibu guru yangtelah memberikan tugas ini kareba dengan tugas makalah ini kami bisa menerapkan kerja sama dengan tentunya menambah wawasan kami mencakup ilmu-ilmu fisika. Kami (kwlompok 4) telah berusaha semaksimal mungkin untuk membuat yangterbaik dan kami berharap dengan adanya makalah ini dapat berguna dan bermanfaatbagi yang membacanya adapun kekurangan dan kelebihannya mohon dimaafkan. Sekian dan terimakasih
Walaikumssalam waramatulahi wabarakathu.



\1. Tujuan :
            Tujuan mempelajari fisika yaitu agar kita dapat mengetahui tentang listrik selain itu agar manusia tidak kesusahan dalam mengetahui rumus-rumus yang berkaitan dengan kehidupan misalnya ilmu kedokteran, kelistrikan, bangunan, perbintangan, kehidupan siang dan malamn dan lain sebagainya.
2. Manfaat :
            Manfaatnya yaitu sangat berguna bagi masyarakat karena jika tidak ada ilmu fisika manusia tidak akan mengetahui tentang listruk serta ilmu-ilmu lain yang berhubungan dengan ilmu fisika.


BAB 2
PEMBAHASAN
A.  Hukum Kekekalan Energi untuk Kalor

Energi tidak dapat diciptakan dan tidak perbah musnah tetapi energy dapat berubah dari satu bentuk energi ke bentuk energi lain. Hukum kekekalan energi untuk kalor dapat diamati dengan menggunakan kalori  meter. Kalori meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur kalor. Zatcairyang bersuhu lebih tinggi melepaskan energi kalornya, sedangkan zat cair yang bersuhu lebih tinggi sehingga pada akhirnya mencapai suhu kesetimbangan yang disebut dengan kesetimbangan termal.
Menurut Joseph Black (1728-1799), jumlah kalor yang dilepaskan  (Q lepas) sama dengan jumlah kalor yang diterima (Q terima) dan secara matematis dapat ditulis :

Q lepas = Q terima
(mc At) lepas = (mc At)terima


Persamaan di atas dikenal dengan persamaan black.
           

B. Asas  Black
Telah dijelaskan sebelumnya bahwa kalor berkaitan erat dengan suhu benda. Ketika sebuah benda. Ketika sebuah benda mendapatkan kalor, suhu benda akan  berkurang dengan demikian. Jelaskan bahwa kalor dapat mengakibatkan perubahan suhu.
Jika dua benda berbeda jenis dan bermassa sama dineri sejumlah kalor yang sama, apakah suhunya juga sama ?
Contoh : Suatu gelas air dan satu gelas minyak dipanaskan menggunakan yang sama (paling tidak, jumlah kalor yang dihasilkan sama besar). Setelah beberapa menit, suhu air dan  minyak diukur. Ternyata minyak mengalami perubahan suhu lebih banyak dari pada air. Kalor jenis diartikan sebagai banyaknya kalor yang diserap atau dikeluarkan. Benda bersuhu tinggi memberikan kalor kepada benda bersuhu rendah. Besarnya kalor yang dilepas sama dengan kalor yang diterima. Pernyataan tersebutdikenal dengan asas black yang merupakan ungkapan hokum kekekalan energy. Alatyang sering digunakan untuk mengetahui jumlah kalordinamakan kalori meter.
                 C. Azas  Black dan Kalori Materi
            Apabila pada kondisi dicampurkan dua macam zat ysngb tempraturnya mula-mula berbeda maka pada saat tercapai keseimbangan, banyaknya kalor yang dilepas oleh zat yang tempraturnya mula-mula tinggio sama dengan banyaknya kalor yang diserap oleh zat yangtempraturnya mula-mula rendah.
 






              Pernyataan di atas dikenal sebagai azas black gambar di atas menunjukan percampuran  2 macam zat yang menurut azas black :
Q lepas = Q isap
Atau
M1. C1 (T)
        Di mana  C1 dan C2 menyatakan kalor jenis  zat 1 dan zae 2 di mana C1 dan C2 menyatakan kalor jenis suatu zat. Maka dapat ditentukan harga kalor jenis zat yang lain berdasarkan azas black. Perinsip pengukuran seperti ini disebut kalori meter. Bagian dari kalor meter yang ditunjukan oleh gambardiatas tabung bagian dalam kalori materi terbuatdari logam (biasanya dari almunium/tembaga) dan sudah diketahui kalor jenisnya . Tabung tersebut diisi air hiongga penuh logam yang akan diukur panas jenisnya  dipanaskan dulu dan kemudian dimasukan kedalam kalori meter.
Pada setiap kalori meter biasanya diketahui kapasitas panasnya yang disebut harga kalori meter (Ha) yaitu hasil kali antaramassa kalorri mater dengan kalor jenisnya jadi kalor yangdiserap oleh kalori meter dapat dituliskan sebagai berikut :

       Logam
Termometer
                 Penggaruk
 



Air


BAB 3
PENUTUP
A.Kesimpulan
            Kalori meter dalah alat yang digunakan untuk mengukur kalor. Pada setiap kalori meter biasanya diketahui kapasitas panasnya yang disebut sebagai kalori meter  (Ha) yaitu hasil kali antara massa kalori meter dengan kalori jenisnya jadi kalor yang diserap sama dengan jumlahnya kaloryabng dilepas.
Saran :
            Sangat diperlukan pengklasifikasian sejarah fisika yang lebih otentik pasca eraglobalisasi, khususnya era fisika di Indonesia.

  
Daftar Pustaka

Daton Seran 6.2004. Fisika. Jakarta. Tim Fisika.
Rokhim Nur S.pd . 2004. Fisika. Surakarta. Tim Fisika.
Mariani Widi. 2007. Fisika. Jakarta. Tim Fisika.
Pramono Sigit, S. si . 2002 . Fisika. Surakarta. Tim Fisika.



Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: Wednesday, January 28, 2015

0 komentar:

Post a Comment

Indonesia Berkarya

IndonesiaberkaryA adalah Website yang di buat untuk memudahkan dan menawarkan Konten dan Artikel yang menarik,bermanfaat dan dengan berbagai kategori mulai dari Pemerintahan,pendidikan,masyarakat,sejarah, infolowongan kerja. Indonesiaberkarya selalu berusaha untuk menyajikan pos yang terbaik termasuk dengan memberikan kesempatan untuk pilihan Categori Masukan dari Pengunjung/pengguna. kami terus menambah isi konten pos categori seperti pemerintahan,pendidikan dan kami menawarkan pilihan terbaik yang akan anda dapatkan pada ujung jari anda. Content Online tidak pernah semudah ini..!!! tetap terhubung dan dapatkan Pos terbaru dan update setiap harinya. adalah prioritas kami untuk menciptakan pengalaman untuk setiap pengunjung. jadi mulailah Content online dan jika punya pertanyaan silahkan e-mail kami. (indonesiaberkarya27@gmail.com DMCA.com Protection Status

Blog Archive

Powered by Blogger.
Back To Top