Tokoh Tokoh Sejarah Hindu - Budha di Indonesia

Posted by Unknown on Monday, February 16, 2015




tokoh – tokoh sejarah pada masa hindu -budha di indonesia
Pada masa hindu-budha, muncul beberapa tokoh besar. Jasa dan peran mereka bagi perjalanan sejarah indonesia sangat besar. Para tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha tersebut, antra lain
Raja Mulawarman , Raja Purnawarman,Ratu Sima,Raja Samaratungga, Raja Balaputra Dewa, Raja Jaya baya , Airlangga. Raja Kertanegara, Raja Hayam Wuruk, Mahapatih Gajah Mada,

  1. Raja MulawarmanRa
    raja mulawarman adalah seorang raja dari kerajaan kutai yang terletak di kalimantan timur. Dari peninggalan prastati yang di temukan, raja mulawarman terkenal sebagai seorang raja yang adil dan bijaksana. Bukti kebesaran Raja Mulawarman dapat di ketahui dari peninggalan Yupa yang berhasil di Temukan. Raja Mulamarwan dikenal sangat dermawan dan dekat dengan rakyatnya. Ia pernah memberikan sedekah beberapa lembu kepada para Brahmana. Lembu yang di Sedehkakan raja Mulamarwan berjumlah 20.000 Ekor. Karena kebesaranya tersebut , raja Mulamarwan sering disamakan dengan ansuman atau Dewa Matahari.

  1. Raja Purnawarman ja
    Raja Purnawarman adalah seorang raja dari kerajaan tarunegara yang terletak di Bogor , Jawa Barat . Berdasrkan prastati yang di temukan , dapat diketahui bahwa raja Purnawarman adalah seorang raja yang gagah berani, agung , dan jujur terhadap tugasnya. Raja purnawarman sangat di sanjung dan di Hormati oleh rakyatnya. Dalam prastati Ciaruteun, raja purnawarman diangap sebagai jelamaan Dewa Wisnu. Dewa Wisnu adalah Dewa yang berperan dalam Memelihara Dunia.

  1. Ratu Sima
    semuabuluperindu.com
    Ratu Sima adalah seorang ratu yang memerintah kerajaan kaling di jawa tengah . Ia adalah pemeluk agama Hndu syiwa .berdsarkan catatan pedaggang Cina pada abad – 7 , diketahui bahwa kerajaan kaling terkenal dengan kesuburan tanahnya dan hasil panganya rakyat hidup makmur dan tentram. Ratu sima memerintah kerajaan dengan tegas ,adil ,dan menjunnjung tinggi kejujuran rakyatnyya Patuh , tidak ada yang berbuat Jahat , bagi yang melanggar hukum akan mendapatkan sanksi sangat berat.

  1. Raja samaratungga
    Raja samaratungga adalah seorang raja dari kerajaan mataram Budha yang memerintah pada tahun 812-833. pada masa pemerintahanya , didirikan candi Borobudur untuk menghormati pendiri dinasti syailendra. Candi Broubudur merupakan bangunan suci bagi Umat Budha . Selain itu candi borobudur juga merupakan peninggalan sejarah yang menggamgumkan dan mejadi kebanggan bagi bangsa Indonesia.

  1. Raja Balaputradewa
    Balaputradewa adalah seorang raja dari kerajaan sriwijaya yang memerintah pada abad ke-9 . Pada masa pemerintahanya , kerajaan sriwijaya mengalami kemajuan yang sangat pesat , sriwijaya menjadi kerajaan maritim dan menjadi pusat perdaggangan di asia tenggara. Raja balaputradewa mendirikan biara nalanda untuk para biksu dan sriwijaya. Banyak para pemuda yang datang ke sriwijaya memperdalam agama Budha . Oleh karena itu sriwijaya juga terkenal sebagai pusat pendidikan dan penyebaran agama budha.

  1. Raja Jayabaya
    Raja jayabaya adalah raja terbesar di kerajaan kediri . Pada masa pemerintahanya , kerajaan berhasil mengalahkan janggala . Sebagai penghormatan atas kemenangan itu , empu kanwa dan empu punuluh mengubah syair Bharatayuda. Kerajaan kediri terkenal karena hasil karya sastranya.

  1. Airlangga
    Airlangga adalah Putra Raja Udayana dari Kerajaan Bali. Ia kemudian menjadi menantu raja Dharmawangsa dari kerajaan madang kemulan. Pada tahun 1019, airlangga dinobatkan sebagai raja oleh para pendeta dan brahmana. Pemerintahan airlangga banyak menghadapai peperangan menghadapi raja-raja kecil yang memberontak.

  1. Raja kartanegara
    Raja kartanegara adalah seorang raja yangsanggat terkenal . Dalam bidang politik , ia dikenal sebagai raja yang mempunyai cita – cita untuk meluaskan kekuasaan ke luar Pulau Jawa sehinggah mencakup seluruh nusantara. Kartanegara memberantas pemberontakan – pemberontakanyang menggangu negaranya dengan tujuan agar tercipta kedamaian dan ketentraman.
    Pada tahun 1275 , kartanegara memerintahkan sebuah ekspedisi ke melayu . Peristiwa itu di sebut ekspedisi pemalayu . Tujuan dari ekspedisi ini adalah untuk menjalin persahabatan dengan kerajaan melayu di sumatra.

  1. Raja Hayam Wuruk
    Hayam Wuruk adalah raja Maja pahit yang terkenal . Ia bergelar Rajasanegara. Dengan didampingi patihnya yang bernama Gajah Muda, majapahit mencapai masa kejayaanya . Wilayah kerajaan majapahit meliputi seluruh nusantara, ditambah dengan tumasik dan semenanjung melayu. Pada masa pemerintahanya , banyak karya sastra yang di hasilkan , antara lain kitab negarakartanegara karya empu Prapanca.


    Mahapatih Gajah Mada
    pada awalnya , Gajah Mada adalah seorang Perwira yang memimpin pasukan Bhyakari di kerajaan majapahit . Pada msa raja jaya negara , timbul beberapa kali pemberontakan terhadap raja. Pemberontakan yang paling berbahaya adalah pemberontakan kuti. Gajah mada bersama pasukanya berhasil menumpas pemberontakan itu. Gajah mada juga berhasil menumpas pemberontakan sadeng yang terjadi pada masa pemerintahan itu . 


Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: Monday, February 16, 2015

0 komentar:

Post a Comment

Indonesia Berkarya

IndonesiaberkaryA adalah Website yang di buat untuk memudahkan dan menawarkan Konten dan Artikel yang menarik,bermanfaat dan dengan berbagai kategori mulai dari Pemerintahan,pendidikan,masyarakat,sejarah, infolowongan kerja. Indonesiaberkarya selalu berusaha untuk menyajikan pos yang terbaik termasuk dengan memberikan kesempatan untuk pilihan Categori Masukan dari Pengunjung/pengguna. kami terus menambah isi konten pos categori seperti pemerintahan,pendidikan dan kami menawarkan pilihan terbaik yang akan anda dapatkan pada ujung jari anda. Content Online tidak pernah semudah ini..!!! tetap terhubung dan dapatkan Pos terbaru dan update setiap harinya. adalah prioritas kami untuk menciptakan pengalaman untuk setiap pengunjung. jadi mulailah Content online dan jika punya pertanyaan silahkan e-mail kami. (indonesiaberkarya27@gmail.com DMCA.com Protection Status

Blog Archive

Powered by Blogger.
Back To Top