Nama Nama Tokoh Tokoh Sejarah Islam Indonesia

Posted by Unknown on Tuesday, February 17, 2015

perkembangan islam di indonesia ditandai dengan munculnya kerajaan kerajaan yang bercorak islam. Kerajaan – kerajaan islam umumnya di Pimpin oleh seorang sultan . Para sultan adalah tokoh – tokoh sejrah yang sangat penting dalam perjalanan sejarah bangsa indonesai . Tokoh – tokoh tersebut , antara lain sebagai berikut. Sultan Iskandar Muda, Raden Patah , Sultan Aggung , Sultan Ageng Tirtayasa, Sultan Hasanuddin.semua tokoh ada lima.

  1. Sultan Iskandar Muda
    Sultan Iskandar Muda adalah raja dari kerajaan Aceh . Ia memerintah pada tahun 1607-1636den. pada masa pemerintahanya , aceh mencapai puncak kejayaan . Aceh menjadi pusat perdaggangan yang ramai dengan di dukung oleh amarda laut yang kuat , sultan iskandar mudah berhasil memperluas kekuasaan hinggah meliputi hampir separuh dari pulau sumatera, yaitu Hinggah Bengkulu di pantai Barat dan Kampar di pantai timur . Sultan iskandar muda sanggat menentang penjajahan. Ia menolak keinginan Belanda untuk memonopoli perdaggangan di wilayah Kerajaan aceh.
  1. Raden Patah
    Raden Patah adalah Pendiri Sekaligus raja di Kerajaan Demak Pada tahun 1550 – 1518. Ia bergelar Sultan Alam Akbar Al Fatah. Raden Patah merupakan keturunan Raja Brawijaya V dari Majapahit. Nama Kecilnya adalah Pangeran Jimbun. Setelah Masuk Islam, Namanya Berganti Menjadi Raden Patah. Pada Mulanya ,Raden Patah Mendapatkan Tugas dari sultan Ampel untuk mengajarkan Agama Islam dan mendirikan Pesantren di Wilayah Demak. Setelah wilayah Demak menjadi ramai, raden patah mendirikan kerajaan demak. Dalam waktu singkat , kerajaan demak berkembang menjadi Kerajaan Islam terbesar di Pulau Jawa.
  2. Sultan Aggung
    Sultan Agung adalah Raja Mataram yang memerintah pada tahun 1613-1645. sultan agung bergelar Sultan Agung Senapati Ing Alaga Ngabdurrahman Kalifatullah. Selama memerintah, ia berusaha untuk menyatukan Pulau Jawa. Berhasil menyatukan daerah Gersik , Pamakesan, Sumep,Pasuruan, dan Surabaya. Sultan Agung di Kenal sebagai seorang pemimpin yang menentang penjajah Belandayang telah menduduki Batavia. Ia mengadakan penyerbuan ke Batavia pada tahun 1628 dan 1629. Namun penyerbuan ini mengalami kegagalan karena Lumbung Beras Pasukan Mataram di Daerah Tegal di Bakar Oleh Pasukan VOC Belanda.
  1. Sultan Ageng Tirtayasa
    Sultan Ageng Tirtayasa adalah raja banten yang memerintah Pada tahun 1651-1682 . Pada Masa Pemerintahanya, kerajaan banten mengalami Puncak kejayaan . Dalam bidang perdaggangan , sultan Ageng Tirtayasa Menjalankan Politik perdaggangan Bebas. Melalui perdaggangan Bebas , pelabuhan kerajaan banten terbuka bagi semua pedaggang, baik pedaggang dari wilayah nusantara maupun pedaggang asing.
    sejarah dinusanttara.com
    sejarahdinusantara.com
    Politik perdaggangan bebas yang di terapkan oleh sultan ageng tirtayasa sangat merugikan perdaggangan Monopoli yang di lakukan Oleh VOC belanda. Akibatnya VOC Belanda berusaha keras menguasai Kerajaan Banten dengan cara menjalankan Politik adu Domba. VOC belanda mengadu Domba Sultan Ageng Tirtayasa dengan Putranya sendiri yang bernama Sultan Haji. Melalui Politik adu Domba tersebut , Sultan Ageng Tirtayasa dapat tawan Oleh Belanda.

Sultan Hasanuddin Adalah Putra dari Muhhamad Said . Ia menjadi raja Makasar pada tahun 1653-1670. di bawah kepemimpinanya , makasar mengalami puncak kejayaan . Bidang Perdaggangan mengalami kemajuan yang pesat . Barang – barang yang di perdagangkan , antara lain rempah -rempah dan kelapa . Rakyat hidup makmur dan tentram . Sultan hasanuddin Gigih menentang VOC Belanda . Pada tanggal 25 Desember 1666, ia mempertahankan benteng kerajaan yang berada di banteng dari serangan VOC Belanda. Karena kekuatan Senjata VOC yang lebih besar, benteng terssebut dapat di kuasai Belanda. Karena kegigihanya melawan Monopoli perdaggangan Belanda, Sultan Hasanuddin Mendapat Julukan Ayam jantan dari Timur.


Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: Tuesday, February 17, 2015

0 komentar:

Post a Comment

Indonesia Berkarya

IndonesiaberkaryA adalah Website yang di buat untuk memudahkan dan menawarkan Konten dan Artikel yang menarik,bermanfaat dan dengan berbagai kategori mulai dari Pemerintahan,pendidikan,masyarakat,sejarah, infolowongan kerja. Indonesiaberkarya selalu berusaha untuk menyajikan pos yang terbaik termasuk dengan memberikan kesempatan untuk pilihan Categori Masukan dari Pengunjung/pengguna. kami terus menambah isi konten pos categori seperti pemerintahan,pendidikan dan kami menawarkan pilihan terbaik yang akan anda dapatkan pada ujung jari anda. Content Online tidak pernah semudah ini..!!! tetap terhubung dan dapatkan Pos terbaru dan update setiap harinya. adalah prioritas kami untuk menciptakan pengalaman untuk setiap pengunjung. jadi mulailah Content online dan jika punya pertanyaan silahkan e-mail kami. (indonesiaberkarya27@gmail.com DMCA.com Protection Status

Blog Archive

Powered by Blogger.
Back To Top