SIFAT - SIFAT ASAM,BASA DAN GARAM

Posted by Unknown on Sunday, July 20, 2014







Sifat Asam , basa dan Garam
SIfat :
1.       Asam
2.       Basa
3.       Garam

1.       ASAM
Kamu sudah mengetahui jika asam merupakan salah satu penyusun dari berbagai bahan makanan dan Minuman , misalnya cuka, keju , dan Buah – Buahan . menurut Arrhenius, asam adalah Zat yang dalam air akan melepaskan ion H+. jadi , pembawa sifat asam adalah Ion-H+ (ion hydrogen) sehinggah rumus kimia asam selalu mengandung Atom Hidrogen. Tahukah kamu Perbedaan Antara Ion,Kation, dan Anion? Ion adalah atom atau sekelompok atom yang bermuatan listrik. Kation adalah ion yang bermuatan Listrik Positif. Adapun Anion adalah Ion yang bermuatan Listrik Ngatif .
                Sifat khas lain dari asam adalah dapat bereaksi dengan berbagai bahan seperti logam, marmer dan keramik . reaksi. Reaksi antara asam dengan Logam bersifat Korosif. Contohnya , logam besi dapat bereaksi cepat dengan asam Klorida (HCI) membentuk besi (II) Klorida (FeCI2)

Berdasarkan asalanya , asam dikelompokan dalam 2 Golongan,
Yaitu :
1.       Asam Organik dan Asam Anorganik. Tahukah kamu apa Bedanya ?
Asam Organik Umumnya bersifat asam lemah, Korosif , dan banyak terdapat di Alam.
2.       Asam Anorganik Umumnya bersifat asam Kuat dan Korosif. Karena Sifat – sifatnya Itulah , maka Asam – asam Anorganik banyak Digunakan di Berbagai Kebutuhan Manusia.

2.       Basa (Hidroksida)
Jika kamu mencuci tanggan dengan sabun , apa yang kamu rasakan pada tanganmu ? Daalam keadaan Murni, Basa umumnya berupa Kristal padat dan bersifat Kaustik. Beberapa Produk Rumah Tangga seperti deodorant , Obat Mag (antacid) dan sabun serta deterjen mengandung basa .
Basa Adalah suatu Senyawa yang jika Dilarutkan dalam air (larutan ) dapat melepaskan Ion Hidroksida (0H). oleh karena itu semua rumus kimia Basa umumnya mengandung Gugus OH.
Jika diketahui rumus kimia suatu Basa, Maka untuk member Nama Basa , cukup dengan menyebut nama Logam dan diikuti kata Hidroksida.

3.       GARAM

Jika mendengar kata”Garam” pastilah yang terbayang pada benakmu adalah Garam Dapur. Garam dapur memang merupakan salah satu Contoh Garam .
Dalam kehidupan sehari – hari pernahkah kamu melihat orang yang sakit perut ( maag dan sejenisnya)? Tahukah kamu mengapa orang yang sakit magg minum obat sakit magg atau antacid? Apakah Antacid Itu? Orang mengalami sakit perut disebapkan asam lambung yang meningkat . untuk menetralkan asam lambung (HCI) digunakan Antacid. Antacid mengandung basa yang dapat menetralkan kelebihan asam lambung (HCI).
                Umumnya Zat – zat dengan sifat yang berlawanan , seperti asam dan basa cenderung bereaksi membentuk Zat Baru. Bila larutan asam direaksikan dengan larutan basa, Maka ion H’ dari asam akan bereaksi dengan ion OH dari Basa membentuk molekul air.

Karena air bersifat netral , maka reakssi asam dengan basa disebut reaksi penetralan.

Apakah terjajadi reaksi antara ion negative dari asam dan ion Positif Logam dari Basa? Ion – ion ini akan bergabung membentuk senyawa ion yang disebut garam. Bila Garam yang terbentuk ini mudah larut dalam air , maka ion – ionya akan tetap ada di dalam larutan . tetapi jika garam itu sukar larut dalam air, maka ion-ionya akan bergabung membentuk suatu Endapan. Jadi , reaksi asam dengan basa disebut juga reaksi penggaramankarena membentuk senyawa Garam.




Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: Sunday, July 20, 2014

0 komentar:

Post a Comment

Indonesia Berkarya

IndonesiaberkaryA adalah Website yang di buat untuk memudahkan dan menawarkan Konten dan Artikel yang menarik,bermanfaat dan dengan berbagai kategori mulai dari Pemerintahan,pendidikan,masyarakat,sejarah, infolowongan kerja. Indonesiaberkarya selalu berusaha untuk menyajikan pos yang terbaik termasuk dengan memberikan kesempatan untuk pilihan Categori Masukan dari Pengunjung/pengguna. kami terus menambah isi konten pos categori seperti pemerintahan,pendidikan dan kami menawarkan pilihan terbaik yang akan anda dapatkan pada ujung jari anda. Content Online tidak pernah semudah ini..!!! tetap terhubung dan dapatkan Pos terbaru dan update setiap harinya. adalah prioritas kami untuk menciptakan pengalaman untuk setiap pengunjung. jadi mulailah Content online dan jika punya pertanyaan silahkan e-mail kami. (indonesiaberkarya27@gmail.com DMCA.com Protection Status
Powered by Blogger.
Back To Top