SEJARAH ILMU KOMUNIKASI , SEJARAH DISIPLIN ILMU KOMUNIKASI

Posted by Unknown on Friday, July 18, 2014






Semua Mahluk hidup pada dasarnya berkomunikasi , jangankan manusia yang diberkahi akal Budi , Binatang saja  pada dasrnya melakukan komunikasi dengan sesamanya. Komunikasi sebagai praktik sudah ada seiring dengan diciptakan Manusia , dan Manusia menggunakan Komunikasi dalam rangka melakukan Aktivitas Sosialnya. Karenanya Manusia tidak Mungkin tidak Berkomunikasi . Sedangkan Komunikasi sebagai Disiplin Ilmu aru Berkembang Pada Awal Abad 15 . Berikut kita Akan membahas Sejarah Perkembangan Disiplin Ilmmu Komunikasi .

Masa Awal Pembentukan Disiplin Komunikasi
Sepanjang Terekam dalam Literatur , teoretisasi Komunikasi dimulai sejak Masa Yunani Kuno. Ketika Itu Corax Mengajarkan Teori Berbicara Di depan Pengadilan , Yang KemudianDianggap sebagai Cikal Bakal Keterampilan persuai (membujuk) salah satu murid Corax yang terkenal adalah Tisias , yang kemudian mengambil Istilah Thetoric sebagai Nama Bag Keterampilan Tersebut.

Era Tisias kemudian Digantikan Oleh Aristoteles (385-322SM) dan Gurunya Plato (427-347). Kedua Orang Tersebut meruppakan Figurpenting dalam mengembangkan Disiplin Komunikasi . Aristoteles (dalam Ruben,2002:21) mengatakan bahwa Komunikasi adalah Alat dimana Warga Masyarakat dapat berpatisipasi dalam Demokrasi. Aristoteles adalah alat Dimana Warga masyarakat dapat Berpatisipasi dalam Demokrasi .

Aristoteles ketika itu mendudukan Komunikasi sebagi Keterampilan melakukan orasi dan menyusun argument untuk disampaikan kepada Pendengar, Tujuan dari Komunikasi , kata Aristoteles , adalah untuk member kesan Positif tentang Pembicara , sehinggah pendengar akan menerima yang disampaikan Pembicara Lebih jauh Plato mengatakan Bahwa untuk keterampilan Komunikasi Haruslah Mencakup Pula Pengetahuan Tentang sifat Alami dari Kata, sifat Manusia dan Bagaimana Manusia memandang Hidup , susunan alam dan studi tentang Instrumen apa yang dapat mempengaruhi Manusia . Jelaslah bahwa Kedua Tokoh Tersebut mengajarkan Komunikasi sebagi keterampilan Berbicara Di depan Umum (Public Speaking).

Model Komunikasi Aristoteles
PEMBICARA > ARGUMEN – PIDATO – PENDENGAR

Perkembangan Komunikasi lalu dilanjutkan oleh Cicero (106-43SM) dan Quintilan (35-95). Cicero melihat Komunikasi dalam Dua Ranah Praktis dan Akademis . Karya Kedua Tokoh ini lalu memberikan Inspirasi bagi Pembentukan disiplin llmu Komunikasi yang lebih Matang Pada Era Revolusi . Industri Inggris dan Revolusi Kebudayaan Prancis .

Jika pada Masa Klasik Komunikasi Dikembangkan oleh Pemikir Memasuki Abad 18 , Komunikasi diasuh Oleh sastrawan . Pada Masa Ini Komunikasi Sudah mengenal dsar – dasar Komunikasi seperti Gaya Berbicara, artikulasi(Pengucapan) dan Sikap Tubuh (Gesture) pada akhir Abd 19 , di Banyak Perguruan tinggi
Disiplin lain yang turutmembentuk studi komunnikasi adalah Jurnalisme , sama seperti Retorika Jumalisme sebenarnya telah dipraktikan sejak 3.700 Tahun yang lalu di Mesir.

Julius Caesar lalu megembangkan Pola Jurnalisme dengan Menjual Cikal Bakal Koran. Pada Tahun 1690 Muncul Koran Moderen Pertama di AS dengan nama Occurences Both Foreign and Domestic . dalam Fase selanjutnya , Jurnalisme banyak Berkembang di AS sementara Teori – Teori Komunikasi Berkembang di Eropa .
Periode 1990 – 1930

Periode ini disebut juga masa perkembangan speech and Jurnalisme, yakni maasa berkembangnya disiplin Komunikasi yang di tandai dengan berdirinya Organisasi dan Jurnal Komunikaasi Pda Tahun 1909 Berdiri organisasi Pertama America Serikat The Eastern State Speech Association ( sekarang menjadi The Eastern Comunication Asosiation  ) 20 Tahun Kemudian terbentuk Organisasi Provesional Komunikasi,  perkembangan inni disusul penerbitan Juurnal Komunnikasi Pertama , The Quartely Journal Of Speech . Puncak dari sistensi Komunikasi dan Jurnalisme di tandai dengan dibukanya Kursus Journalism di University OF Wisconsin pada Tahun 1905, yang dilanjutkan dengan Perkembangan Teknologi Radio (1920-an) dan Televisi (1940)
Periode 1980 – 1990.

Periode ini disebut sebgai era Informasi (Information Age) Periode ini ditandai Oleh
Informasi Sebagai Komoditas
Pada Masa ini Informasi dan Pesan dilihat sebagai barang / Komoditas ekonomi yang dapat di perjual belikan . Periode ini juga di tandai munculnya perusahaan – perusahaan besar yang bergerak dalam bisnis Informasi ,  Komunikasi pada era ini menjadi Nafas perkembangan bdang telkomunikasi , percetakan , Industri Komputer , Bank , penelitian dan Hiburan , setengah dari Tenaga Kerja Negara maju seperti AS , Jepang Swedia dan Inggris Bahkan Bekerja Pada Sektor Komunikasi – Informasi .

Tumbuhnya Media Masa Baru
Seiring dengan Pesatnya perkembangan teknologi Kompouter  media msa . juga mengalami perubahan signifikan . media masa baru yang mengadopsi Teknologi Komputer tersebut Memungkinkan Proses Pengiriman dan Penerimaan Pesan menjadi leih hemat waktu , mudah dan Efektif .

Televisi pada masa ini tidak hanya berfungsi sebagai medium melihat penyebaran , namun televise pada msa tersebut juga bias berfungsi sekaligus sebagi piranti system jaringan Kabel, Video Game dan Layar Komputer  Begitu Pula dengan Telepon , jka sebelumnya Telepon disiptakan sebagai perangkat berkomunikasi orang  maka pada masa tersebut telepon dapat dipergunakan untuk berkomunikasi Masal.

#PENGUATAN HUBUNGAN INTERDISIPLIN
Studi pengiriman dan penerimaan Pesan Oleh Indivindu  , kelompok , organisasi , kultru dan masyarakat pada era ini melibatkan wilayah studi lain. Seperti :
1.       Psiologi Kognif: Fokus pad apresepsi , interpretasi , penyimpanan, dan penggunaan Informasi
2.       Studi Kebudayaan ; Fokus pada pengaruh Historis  social dan Kultrul Terhadap pembentukan , pengiriman , Interpetasi , dan Penggunaan Pesan .
3.       Ekonomi : Fokus pada Produksi dan Konsumsi Informasi sebagai entitas Ekonomi .
4.       Ilmu Komputer ; Fokus pada penyimpangan Penggunaan Kembali , Manipulasi dan Pengiriman Informasi .
5.       Jurnalisme , Fokus pada sumber Informasi , Isi , Komunikasi Publik dan Media .
6.       Marketing , Fokus pada Kebutuhan Pengguna (User ) untuk menggunakan Pesan , Produk dan Jasa .

# TEORI KOMUNIKASI MASA KINI
Seiring dengan perkembangan Zaman Teori Komunikasi Hinggah Kini Masih terus berkembang , seorang teoritisi Komunikasi dari Universitas OF Texas , AS mengatakan Komunikasi kekinian adlah komunikasi yang termedisiasi oleh teknologi dalam berbagai bentuk jenis media baru , media baru tersebut sejatinya adalah Media masa yang mengalami perubahan Konsep secara cepat seiring dengan percepatan Teknologi Komputer , internet dan Telkomunikasi Digital tumbuhnya media Baru juga Diikuti oleh meningkatnya Akumulasi Konsumsi informasi . di Negara Maju seperti AS, Rata – rata orang Menonton TV adlah 2.600 Jam Per Tahun , atau setara dengan 325 Hari efektif Kerja .
Proses Perkembangan Komunikasi pada periode inisecara Umum mengikuti pola Perubahan
1.       Perubahan Sudut Pandang Komunikasi , dari yang menitik beratkan Pada Pesan dan Sumber Bergeser pada Penerima dan Makna Pesan .
2.       Dari satu arah menjadi Boak Balik bahkan Berputar
3.       Dari statis menjadi berorientasi pada Proses
4.       Dari yang menekankan pada pengiriman Informasi Berubah Menjadi menekankan Pada Interpretasi .
5.       Dari menekankan Pada Public speaking menjadi Komunikasi yang menekankan pada Konteks Individu , Hubungan , Organisasi , Masyarkat , dan Media .
Senada dengan Hal Tersebut , Littlejohn (2002) Mengenditifikasi Lima Kelompok Teori Komunikasi yang Kini Tengah Berkembang dalam Diskusi Ilmu Komunikasi :
1.       Structural dan Functional Tbeories, yakni teori komunikasi yang dikembangkan dari ilmu social .
Teori ini melihat Struktur social sebagai sesuatu yang nyata sekaligus dapat diukur , sebagai Contoh Teori ini Mengatakan Bahwa Hubungan Personal Tersusun sedemikian Rupa sebagaimana Material Bangunan Membentuk Rumah, Melalui Pengorganisasian Bahasa dan Sistem Sosial.
2.       Cognitive and bebavioral tbeories, merupakan Teori yang dikembangkan dari Pisikologi , yakni berfokus pada Hubungan cara berpikir dengan tingkah laku indivindu. Cara berpikir dengan tingkah laku Indivindu
3.       Interpretive Tbeories, Teori ini mencoba menjelaskan arti dari suatu Tindakan atau teks dalam kaitanya dengan pengalaman Indivindu.
4.       Sedangkan sebagai Disiplin Akademis , paling tidak Komunikasi Kini memiliki lima Cabang Kajian , Yaitu :
a.       Interpersonal Communication, berhubung dengan Interaksi antar – Individu
b.      Group Communication, Berhubungan dengan Interaksi Manusia dalam Kelompok yang Kecil
c.       Organiational Communication , terjadi dalam Lingkup Jaringan Kooperasi yang Luas.
d.      Mass Communication, terkait dengan Komunikasi Publik dengan Menggunakan Media Masa.
e.      Intercultural studies, Kajian yang Berhubungan dengan Pola Komunikasi ANtara Indivindu yang memiliki Latar Belakang Kultur yang Berbeda.





Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: Friday, July 18, 2014

0 komentar:

Post a Comment

Indonesia Berkarya

IndonesiaberkaryA adalah Website yang di buat untuk memudahkan dan menawarkan Konten dan Artikel yang menarik,bermanfaat dan dengan berbagai kategori mulai dari Pemerintahan,pendidikan,masyarakat,sejarah, infolowongan kerja. Indonesiaberkarya selalu berusaha untuk menyajikan pos yang terbaik termasuk dengan memberikan kesempatan untuk pilihan Categori Masukan dari Pengunjung/pengguna. kami terus menambah isi konten pos categori seperti pemerintahan,pendidikan dan kami menawarkan pilihan terbaik yang akan anda dapatkan pada ujung jari anda. Content Online tidak pernah semudah ini..!!! tetap terhubung dan dapatkan Pos terbaru dan update setiap harinya. adalah prioritas kami untuk menciptakan pengalaman untuk setiap pengunjung. jadi mulailah Content online dan jika punya pertanyaan silahkan e-mail kami. (indonesiaberkarya27@gmail.com DMCA.com Protection Status
Powered by Blogger.
Back To Top