PENGERTIAN SUHU DAN ALAT PENGUKURNYA

Posted by Unknown on Sunday, July 20, 2014








Pengertian Suhu
Kalian tentunya pernah Mandi Menggunakan Air Hangat , Bukan ? untuk mendapatkan Air Hangat tersebut Kita Mencampur air Dingin dengan Air Panas , Ketika tangan Kita menyentuh air yang dingin , maka kita mengatakan suhu air tersebut Dingin, Ketika tangan Kita Menyentuh Air yang panas maka Kita Katakan Suhu air Tersebut Panas . Ukuran Derajat Panas dan dingin suatu Benda tersebut dinyatakan dengan Besarn Suhu. Jadi Suhu Adalah Suatu Besaran untuk menyatakan ukuran derajat Panas Atau Dinginya suatu Benda .
Alat Ukur Suhu Termometer
Suhu termasuk Besarn Pokok , alat Untuk mengukur besaranya suhu suatu Benda adalah Termometer , Termometer yang umum digunakan adalah termomeer Zat Cair dengan Pengisi pipa kapilernya adalah Raksa atau Alkohol . pertimbangan dipilihnya Raksa sebgai Pengisi Pipa Kapiler thermometer adalah Sebagai Berikut :
a.       Raksa tidak Membasahi dinding Kaca
b.      Raksa Merupakan Penghantar Panas Yang baik
c.       Kalor Jenis Raksa Rendah Akibatnya dengan Perubahan Panas yang Kecil cukup dapat Menggubah Suhunya,
d.      Jangkauan ukur Raksa lebar karena titik bekunya -39Celicius dan titik didihnya 357celicus .
Pengukuran suhu yang sangat Rendah biasanya menggunakan Termometer Alkohol . ALkohol memiliki titik Beku yang sangat Rendah ,, yaitu-114celecius . Namun demikian , thermometer alcohol tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu Benda yang inggi sebap titik didihnya hanya 78 celisius .
Pada Pembuatan thermometer terlebih dahulu ditetapkan titik tetap atas dan titik tetap bawah . Titik tetap thermometer tersebut di ukur pada tekanan 1 Atmosfer . di Antara Kedua Titik tetap Tersebut di Buat skala Suhu  Penetapan titik Tetap bawah adalah suhu ketika Es melebur dan Penetapan Titik Tetap atas adalah suhu saat air mendidih . berikut ini adalah penetapan Titik Tetap pada Skala Termometer .

Macam – macam Termometer
1.       Termometer Celcius
Titik tetap Bawah diberi angka 0 dan titik tetap atas di beri angka 100. Diantara titik Tetap Bawah dan titik tetap atas di bagi 100 skala.
2.       Termometer Reamur
Titik Tetap bawah di beri angka 0 dan titik tetap atas diberi angka 80. Di antara titik Tetap Bawah dan titik Tetap atas di Bagi Menjadi 80 skala .
3.       Termometer Fahrenheit
Titik Tetap Bawah diberi angka 32 dan titik tetap atas di beri angka 212. Suhu es yang di campur dengan Garam ditetapkan sebagai 0 Derajat Fahrenheit. Diantara titik tetap bawah dan titik tetap atas di bagi 180 Skala.
4.       Termometer Kelvin

Pada Termometer Kelvin, titik terbawah di beri angka Nol. Titik ini disebut suhu Mutlak , yaitu suhu terkecil yang dimiliki benda ketika energi total partikel benda tersebut nol. Kelvin Menetapkan suhu es Melebur dengan angka 273 dan suhu air mendidih dengan angka 373 . rentang titik tetap bawah dan titik tetap atas thermometer Kelvin di bagi 100 Skala .






Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: Sunday, July 20, 2014

0 komentar:

Post a Comment

Indonesia Berkarya

IndonesiaberkaryA adalah Website yang di buat untuk memudahkan dan menawarkan Konten dan Artikel yang menarik,bermanfaat dan dengan berbagai kategori mulai dari Pemerintahan,pendidikan,masyarakat,sejarah, infolowongan kerja. Indonesiaberkarya selalu berusaha untuk menyajikan pos yang terbaik termasuk dengan memberikan kesempatan untuk pilihan Categori Masukan dari Pengunjung/pengguna. kami terus menambah isi konten pos categori seperti pemerintahan,pendidikan dan kami menawarkan pilihan terbaik yang akan anda dapatkan pada ujung jari anda. Content Online tidak pernah semudah ini..!!! tetap terhubung dan dapatkan Pos terbaru dan update setiap harinya. adalah prioritas kami untuk menciptakan pengalaman untuk setiap pengunjung. jadi mulailah Content online dan jika punya pertanyaan silahkan e-mail kami. (indonesiaberkarya27@gmail.com DMCA.com Protection Status
Powered by Blogger.
Back To Top