Jenis Jenis Flora dan Fauna di Indonesia

Posted by Unknown on Wednesday, February 25, 2015


Flora adalah nama lain dari hewan . Banyak sekali jenis serta jumlah flora dan fauna yang ada di Indonesia . Perbedaaan Flora dan fauna tersebar di Indonesia dipengarhui oleh bentangan alam yang ada di Indonesia dapat dikelompokan menjadi tiga bagian sebagai berikut;

  • Flora dan fauna yang terletak di Dangkalan Sunda Memiliki Jenis yang hampir mirip dengan Flora dan Fauna di Benua Asia
  • Flora dan Fauna Yang terletak di dangkalan sahul memiliki jenis yang hampir sama dengan di Benua Astralia.
  • Flora dan fauna di daerah peralihan memiliki Jenis Peralihan antara keduanya.

A. Flora
Indonesia merupakan salah satu negara yang subur tanahnya. Dengan kondisi itu akan tumbuh banyak sekali jenis Flora. Para ahli memperkirakan sekitar 4.000 jenis pohon dan ribuan jenis tumbuhan bunga. Faktor utama yang mempengaruhi penyebaran flora di Indonesia adalah Iklim dan Ketinggian Tempat.
Iklim, Daerah dengan curah hujan banyak memiliki hutan yang lebat dan jenis tanaman yang lebih berfariasi . Contohnya , Pulau kalaimantan. Daerah yang kurang curah hujanya akan tumbuh semak belukar dan padang rumput yang luas. Contohnya , nusa tenggara barat dan timur.
Ketinggian Tempat, dapat mempengaruhi perbedaaan jenis tumbuh- tumbuhan . Misalnya , tumbuhan padi, jagung, tebu, dan kelapa sangat cocok ditanam di daerah ketinggian 0-700 meter. Tumbuhan the,karet,kopi cocok di tanam di daerah ketinggian 700-1500 meter.

Jenis Hutan Berdasrkan Flora yang tumbuh di dalamnya adalah sebagai Berikut;

  1. Hutan Musim , terdapat di daerah yang memiliki perbedaan iklim yang nyata pada saat musim hujan dan musim kemarau. Contohnya , hutan jati.hutan musim banyak terdapat di jawa tengah, jawa timur, dan nusa tenggara.
  2. Hutan Lumut, terdapat di Peggunungan tinggi dengan udara yang sanggat lembap dan dingin . Phon – pohon yang ada di penuhi tumbuhan Lumut , contohnya pegunungan Papua, Kalimantan dan Sumatra.
  3. Hutan Bakau, terdapat di Pantai yang berlumur . Tumbuhan bakau memiliki akar yang sebagian muncul di permukaan tanah. Hutan bakau banyak terdapat di pantai papua , kalimantan , dan sumatra bagian timur.
  4. Hutan rawa, terdapat di daerah yang tanahnya rendah. Permukaan tanahnya di genangi air . Hutan rawa terdapt di kalimantan barat dan kalaimntan tengah.
  5. Stepa,adalah hutan padang rumput yang sangat luas . Stepa banyak terdapat di Indonesia bagian timur , yaitu di Nusa tenggara timur.
  6. Sabana, terdapat di daerah yang curah hujanya rendah sehinggah hanya berupa padang rumput yang kering dan di tumbuhi semak- semak . Sabana banyak terdapat di nusa tenggara.

Folora, Jenis Bunga yang banyak tumbuh di Indonesia . Beberapa bunga di tetapkan sebagai Identitas bangsa dan negara. Jenis bunga tersebut antara lain;

  1. Bunga Melati sebagai Puspa Bagsa, bunga melati sering di gambarkan sebagai lambang kesucian karena warnanya yang putih dan harum. Bunga melati sering dikenakan dalamupacara – upacara adat di berbagai daerah.
  2. Bunga anggrekbulan sebagai puspa pesona, bunga anggrek Bulan warnanya putih dan bentuk bunganya anggun. Setiap orang akan kagum dan terpesona oleh keindahanya.
  3. Bunga padma raksasa atau puspa langka , adalah nama lain dari bunga rafflesia arnoldi . Bunga ini memiliki ciri khas , yaitu ukuranya yang sangat besar . Pada saat berbunga menebarkan bau yang tidak sedap . Oleh karena itu , sering disebut sebagai bunga bangkai. Bunga ini termasuk bunga langka dan hanya ada di indonesia.

B. Fauna
Fauna adalah Binatang yang merupakan kekayaan alam . Binatang yang hidup di Indonesia beragam . Jika inggin melihat berbagai jenis – jenis binatang , pergilah ke kebun binatang , di kebun binatang banyak terdapat binatang dari berbagai jenis yang di pelihara dan di rawat dengan baik. Indonesia adalah negara yang terletak di antara benua asia dan Benua Astralia .
Dengan posisi tersebut , jenis binatangnya dikategorikan sebagai berikut:

  1. Jenis binatang asia yang ada di wilayah Indonesia bagian barat merupakan jenis binatang yang sama dengan jenis binatang asia. Jenis binatang tipe asia , contohnya gajah, harimau, banteng,badak,orang utan, dan rusa. Jenis binatang asia kebanyakan hidup di sumatra, kalimantan,jawa, dan Pulau -pulau kecil di sekitarnya.
  2. Jenis Binatang astralia , binatang yang ada di wilayah Indonesia bagian timur memiliki kesamaan dengan jenis binatang astralia. Contohnya, kanguru, kasuri, musang berkantong, burung cendrawasih, Burung Nuri, dan burung kakatua. Kebayakan binatang – binatang ini hidup di papua dan maluku bagian timur.
  3. Jenis Binatang Peralihan, binatang yang terdapat di antara tipe Asia dan Ausralia di sebut Binatang Peralihan. Contohnya, Babi rusa dan Komodo. Binatang ini kebanyakan hidup di Indonesia bagian tengah, yaitu sulawesi, nusa tenggara timur, nusa tenggara barat,dan maluku bagian Barat. Anoa dan babi rusa hidup di sulawesi , sedangkan komodo hidup di nusa tenggara Timur.

Hewan – hewan yang populasinya sedikit dan terancam punah harus di Lindungi . Jika tidak dilindungi , di khwatirkan akan diburu dan dijual oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tempat untuk melindungi hewan langka agar tidak punah disebut suaka margasatwa. Beberapa jenis hewan langka yang di lindungi , antara lain sebagai berikut:
Biawak maluku, Harimau sumatra, jalak Putih, Orang Utan, penyu raksasa, pesut, Buaya sapit, kasuari.


Katherina Phillips
Art AjaibUpdated: Wednesday, February 25, 2015

0 komentar:

Post a Comment

Indonesia Berkarya

IndonesiaberkaryA adalah Website yang di buat untuk memudahkan dan menawarkan Konten dan Artikel yang menarik,bermanfaat dan dengan berbagai kategori mulai dari Pemerintahan,pendidikan,masyarakat,sejarah, infolowongan kerja. Indonesiaberkarya selalu berusaha untuk menyajikan pos yang terbaik termasuk dengan memberikan kesempatan untuk pilihan Categori Masukan dari Pengunjung/pengguna. kami terus menambah isi konten pos categori seperti pemerintahan,pendidikan dan kami menawarkan pilihan terbaik yang akan anda dapatkan pada ujung jari anda. Content Online tidak pernah semudah ini..!!! tetap terhubung dan dapatkan Pos terbaru dan update setiap harinya. adalah prioritas kami untuk menciptakan pengalaman untuk setiap pengunjung. jadi mulailah Content online dan jika punya pertanyaan silahkan e-mail kami. (indonesiaberkarya27@gmail.com DMCA.com Protection Status

Blog Archive

Powered by Blogger.
Back To Top